Jangan Abaikan Kelistrikan Mesin Mobil

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 21 January 2019

Jangan Abaikan Kelistrikan Mesin Mobil

Sistem kelistrikan pada mesin terbagi menjadi 4 bagian, diantaranya sistem pengapian, sistem penggerak mula, sistem pengisian, dan sistem glow. Kelistrikan mesin mobil ini sangat memengaruhi performa mobil Anda. Oleh karena itu, jika tak dirawat dan diperhatikan dengan baik, akan memicu risiko fatal, misalnya menyebabkan korsleting atau terbakar. Di bawah ini terdapat beberapa cara agar kelistrikan pada mesin selalu berfungsi dengan baik.

  • Mengontrol Kondisi Kabel dan Soket

Periksa dengan teliti kabel-kabel yang tertanam dalam mobil, mulai dari kabel busi, distributor, dan kabel-kabel lainnya. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas atau sobek. Sementara itu, Anda juga wajib bersihkan kondisi soket yang tampak kotor dan cek soket yang longgar agar mencegah potensi loncatan bunga api yang dapat mengganggu kerja pengapian.

  • Penggantian Sekring Berkala

Anda harus sesering mungkin untuk memeriksa pusat sekring yang berada di kap mobil atau di dashboard. Sempatkan juga melakukan penggantian sekring secara berkala saat melakukan service atau tune-up. Sebagai cadangan, ada baiknya Anda juga menyediakan sekring mulai dari sekring 10 ampere, 15 ampere, dan 20 ampere, atau kawat kabel jumper.

  • Periksa Aki

Aki merupakan komponen kelistrikan pada mobil yang kerap kali mengalami masalah. Komponen ini perlu pembersihan dengan air panas secara rutin pada bagian kutubnya karena sering kali terdapat endapan yang menempel. Untuk menghindari penumpukan korosi, bersihkan baterai dan kabelnya sebulan sekali.

  • Cek Alternator

Komponen alternator berfungsi untuk mengubah putaran mesin menjadi arus listrik, sehingga keberadaannya sangat penting. Jika lampu indikatornya menyala, Anda patut menaruh curiga karena ada indikasi kondisi alternator bekerja tidak sesuai dengan standarnya. Agar lebih akurat, Anda dapat mengecek alternator menggunakan voltmeter.

  • Jangan Asal Modifikasi

Seluruh kabel dan sistem kelistrikan kendaraan saling terhubung satu sama lain, maka dari itu jangan sampai ada kesalahan sekecil apapun karena akan berdampak besar pada keseluruhan sistem. Hal ini termasuk jangan asal modifikasi atau penambahan aksesori atau piranti kelistrikan karena dapat berakibat fatal terhadap sistem kelistrikan mesin dan kendaraan. Jika ingin melakukan hal tersebut, sangat disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli yang terpercaya.

Yang harus digarisbawahi, dalam merawat sistem kelistrikan pada mesin mobil adalah perawatan berkala dan selalu perbaiki jika Anda menemukan kerusakan sedikit pun. Jangan sampai Anda menyesal jika nanti mobil Anda mengalami korsleting atau terbakar gara-gara Anda sering mengabaikan sistem kelistrikan pada mobil.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 226.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 230.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 325.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 123.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 199.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 254.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN


Kembali ke atas