Jangan Asal Pencet! Perhatikan Etika Membunyikan Klakson

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 11 November 2020

Jangan Asal Pencet! Perhatikan Etika Membunyikan Klakson

momobil.id – Dalam berkendara, komunikasi antar pengguna jalan sangat penting. Oleh karena itu, kendaraan seperti motor dan mobil dilengkapi dengan klakson. Namun, jangan asal pencet saja! Kita harus memperhatikan etika membunyikan klakson.

Fungsi utama dari klakson adalah sebagai alat komunikasi pengendara ketika berada di jalan. Namun, masih banyak pengendara yang belum tepat dalam menggunakan klakson. Seperti ketika pemberhentian lampu lalu lintas misalnya. Banyak pengendara yang membunyikan klakson pada saat lampu hijau. Dan bahkan, sering kita jumpai pengendara yang menggunakan klakson sebagai luapan emosi.

Dilansir dari Kompas.com, Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan bahwa berkomunikasi di jalan raya harus dengan etika.

“Asumsinya bisa baik, marah, kaget, agresif dan lainnya. Namun sebaiknya bisa mengurangi kebiasaan membunyikan klakson, karena kita hanya membutuhkannya ketika penting,” terang Sony kepada Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

Lalu dalam kondisi seperti apa klakson perlu digunakan? Pertama, klakson bisa digunakan saat ada pengendara yang memotong jalur. Kemudian pada saat akan mendahului kendaraan lain. Tujuannya adalah sebagai penanda kepada pengendara lain agar mengetahui situasi di jalan. Penggunaan klakson juga bisa sebagai sapaan kepada pengendara lain ketika berada di jalan.

Baca juga: Agar Tetap Nyaman, Ini Tips Berkendara dengan Mobil saat Hujan

Selain itu, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan ketika ingin membunyikan klakson. Jangan menggunakan klakson ketika melewati rumah ibadah dan arus lalu lintas yang padat. Kemudian jangan menggunakan klakson ketika berada di gang atau pemukiman yang padat.

Yang tak kalah penting adalah penggunaan klakson mobil sesuai standar. Banyak pengendara yang memodifikasi klaksonnya agar suaranya lebih kencang atau memiliki variasi suara yang beragam. Hal ini tentu dapat mengganggu pengendara lain di jalan.

Memang tidak ada larangan jika ingin mengganti klakson. Namun, alangkah baiknya jika klakson yang digunakan tidak memiliki suara yang terlalu kencang atau mengganggu. Jadi sebagai pengendara, kita harus bijak dan memiliki etika membunyikan klakson agar aman dan nyaman saat berkendara.


Kembali ke atas