Bisa Rusak Loh! Jangan Keseringan Buka dan Lipat Spion Elektrik Secara Manual

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 6 January 2020

Bisa Rusak Loh! Jangan Keseringan Buka dan Lipat Spion Elektrik Secara Manual

momobil.id – Fitur spion elektrik saat ini mulai jamak ditemui di beberapa tipe mobil. Selain mempermudah pengguna saat melipat spion, fitur ini juga menambah estetika dari mobil itu sendiri. Sayangnya, tak semua pemilik mobil memahami cara merawat spion elektrik.

Hal sederhana yang bisa dilakukan terkait merawat spion elektrik adalah dengan mengurangi kebiasaan melipat spion elektrik secara manual. Mengurangi kebiasaan ini merupakan cara merawat spion elektrik yang paling mudah, karena jika terlalu sering dilipat secara manual bisa merusak spion itu sendiri. “Spion seharusnya dibuka atau ditutup secara otomatis. Jika tidak terlalu sering mungkin tidak masalah. Tetapi jika terlalu sering, efeknya sangat buruk,” kata Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak.

Menurut Suparna, jika sudah rusak atau macet, maka tidak disarankan untuk memperbaikinya karena akan rusak lagi dalam jangka waktu pendek. Karena itu, jika bermasalah lebih baik segera meminta bantuan mekanik dari bengkel resmi.

“Biasanya, kalau normal, umurnya akan bertahan cukup lama, bisa melampaui lima tahun asalkan tidak sering-sering menutup atau membuka spion secara manual,” jelas Suparna.

Suparna menyarankan kepada pemilik mobil dengan spion retract untuk secara tertib membuka dan menutup spion menggunakan tombol seperti sebagaimana harusnya.Tujuannya untuk menjaga motor kontrol spion tetap beroperasi secara optimal.

Cara merawat spion elektrik

Selain tertib dalam penggunaannya, pemilik mobil juga sebaiknya melakukan perawatan pada spion elektrik. Perawatan ini sebaiknya dilakukan, terutama saat musim hujan. Seperti dilansir Kompas, perawatan spion elektrik biasanya terkonsentasi pada motor dan gear yang ada dalam spion.

Pemilik mobil harus memastikan tak ada air atau lumpur yang terperangkap di dalam. Karena itu, perawatan pertama yang bisa dilakukan yakni menjaga spion terbebas dari lumpur yang bisa menempel pada motor elektrik. Segera bersihkan motor menggunakan campuran sabun jika lumpur terlanjur mengering.

Merawat spion elektrik juga bisa dilakukan dengan membersihkan bagian rongga gerak spion agar motor elektrik dan bagian engsel spion tidak mengalami karat. Semprotkan cairan pelindung karat pada beberapa bagian yang bergerak. Perawatan terakhir, berikan pelumas pada beberapa bagian spion elektrik, terutama gigi-gigi penggerak agar bisa bekerja dengan optimal.

Sumber gambar: cardinale vw


Kembali ke atas