Alasan Mengapa Jangan Langsung Menyalakan AC Setelah Mobil Dijemur Berjam-jam

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan

22 Oct 2019

momobil.id - Saat terik matahari menyengat, masuk ke dalam mobil dengan kondisi kabin yang sejuk memang paling nyaman. Beberapa orang ada yang langsung menyalakan pendingin udara atau AC sesaat setelah menyalakan mesin mobil guna mengusir hawa panas di dalam kabin. Namun jika parkir di tempat terbuka, menyalakan AC seketika setelah mobil dinyalakan justru bisa membuat suhu kabin lebih tinggi ketimbang di luar ruangan.

Selain bisa menyebabkan suhu kabin menjadi lebih tinggi, langsung menyalakan AC mobil ketika cuaca sedang panas terik juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Penyebabnya dipicu dari beberapa benda yang ada di dalam kabin mobil seperti pengharum ruangan, pelapis jok, hingga material plastik. Teriknya sinar matahari bisa menimbulkan reaksi terhadap beberapa benda tersebut, seperti munculnya senyawa bernama benzena.

Senyawa ini bisa menimbulkan kanker, mempengarui kinerja ginjal dan hati, hingga mengakibatkan anemia dan penurunan sel darah putih. Alasan mengapa jangan langsung menyalakan AC mobil ketika cuaca panas yakni agar senyawa tersebut tidak tersirkulasi dan terhirup oleh penumpang ada di dalam mobil.

Selain tak baik bagi kesehatan, langsung menyalakan AC saat kabin mobil masih terasa panas juga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Penyebabnya pun masih berhubungan dengan senyawa benzena. Kabin mobil yang tertutup rapat biasanya terdapat benzena dengan kada 400-800 mg. Jika mobil diparkir di luar ruangan dan di bawah terik matahari pada temperatur 15 derajat celcius ke atas, maka tingkat kepadatan benzena bisa mencapai 2.000-4.000 mg.

Sedangkan toleransi tubuh manusia terhadap benzena hanya 50 mg/ft2. Gejala akibat keracunan benzena seperti rasa kantuk yang amat sangat, pusing, atau mual setelah menghidupkan AC. Hal ini yang dapat memicu terjadinya kecelakaan. Senyawa benzena sendiri tidak berbau dan tidak berwarna, sehingga sangat sulit menentukan apakah ada benzena di dalam kabin mobil.

Lalu bagaimana jika terpaksa memarkirkan mobil di bawah terik matahari? Sebelum menyalakan mobil, buka kaca mobil setengah atau sepenuhnya agar ada sirkulasi udara dan uap panas di dalam mobil bisa keluar. Agar lebih maksimal, sebaiknya jalankan mobil dalam kondisi kaca tetap terbuka terlebih dahulu hingga jarak beberapa meter agar uap panas maupun racun benar-benar keluar. Setelah itu, tak ada salahnya menghidupkan AC ketika uap panas yang menyebabkan pengap sudah tak lagi terasa.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk selalu mengecek secara rutin kondisi AC pada mobil kinerjanya tetap optimal ketika menghembuskan udara sejuk.

Sumber gambar: GeneralAutoRepair

  • Featured Article
  • AC Mobil
  • ac mobil panas
  • benzena
  • cuaca panas

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

MEDAN

2016
Otomatis

195 juta

MEDAN

2013
Manual

131 juta

DEPOK

2017
Manual

127 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More