Jangan Nyalain Lampu Kabin Pas Lagi Nyetir Kalau Gak Mau Kejadian Kayak Gini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 May 2024

Jangan Nyalain Lampu Kabin Pas Lagi Nyetir Kalau Gak Mau Kejadian Kayak Gini

momobil.id – Lampu kabin merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber cahaya untuk menerangi interior mobil saat berada dalam kondisi gelap. Namun, lampu kabin mobil ini sebaiknya tak dinyalakan saat sedang nyetir. Apa sebabnya?

Anjuran tak menyalakan lampu kabin mobil saat sedang nyetir sebenarnya ada kaitannya dengan visibilitas pengemudi. Saat mengemudi pada malam hari atau melewati terowongan gelap, pupil mata akan membesar.

Perubahan besar kecil pada mata manusia merupakan respon dari indera penglihatan ini ketima menerima cahaya dari lingkungan sekitar. Nah, saat menyalakan lampu kabin ketika mobil sedang melaju pada malam hari, hal ini bisa membingungkan mata pengemudi.

Karena saat lampu kabin menyala, pupil mata menjadi mengecil. Padahal lingkungan luar mobil sedang dalam kondisi gelap. Pupil mata manusia membutuhkan waktu untuk menyesuaikan cahaya kontras yang masuk ke mata.

Bila dalam situasi tadi, lampu kabin menyala saat nyetir pada malam hari, bisa menyebabkan fenomena blank ketika mengalihkan pandangan ke arah lain yang juga sama-sama gelap, atau bahkan lebih gelap.

Baca juga: Empat Tips Membedakan Velg yang Asli dan Palsu untuk Mobil, Nomor Tiga Bisa Langsung Ketahuan

Misalnya, saat melihat kaca spion atau objek di samping mobil yang juga dalam kondisi gelap. Mata manusia tidak bisa langsung melihat apa yang ada di spion atau objek di samping karena butuh adaptasi pada perubahan intensitas cahaya.

Bila sedang berkendara, hal seperti ini cukup berbahaya. Apalagi jika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Selain itu, cahaya lampu kabin yang ada di dekat pengemudi juga membuat mata menjadi lelah dan sulit fokus ke objek lain yang ingin dilihat.

Selain itu, cahaya dari lampu kabin juga bisa membuat pandangan pengemudi lain terdistraksi. Adanya distraksi bisa mengalihkan konsentrasi pengemudi yang seharusnya lebih waspada pada jalan dan kondisi sekitarnya ketika mengemudi.

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas