Jangan Salah Pilih! Ini Tips Menentukan Asuransi Mobil

Ditulis oleh : admin | 2 February 2017

Jangan Salah Pilih! Ini Tips Menentukan Asuransi Mobil

Ada anggapan bahwa mendapatkan sesuatu lebih mudah daripada harus melakukan perawatan terhadap hal tersebut. Termasuk pada sebuah unit mobil. Saat ini, memiliki mobil tidak lah begitu sulit. Dengan sistem kredit, mobil idaman bisa menjadi lebih mudah untuk dimiliki oleh setiap orang. Namun, kebanyakan orang saat ini hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan mobil idaman dan tidak mempertimbangkan bagaiimana siasat untuk merawat mobil tersebut.

Sebelum melakukan kredit mobil–baik bekas maupun baru–ada baiknya jika Anda mempertimbangkan berbagai hal yang sifatnya memiliki jangka waktu yang lama. Salah satu tips menjaga mobil adalah bukan hanya bicara perawatan, namun juga termasuk asuransi mobil. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari asuransi mobil, sebut saja, jaminan keselamatan, melindungi dari resiko pencurian, dan membantu Anda dalam bertanggungjawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lantas, bagaimana cara memilih asuransi mobil yang terpercaya? Berikut tipsnya!

Pertimbangkan Kredibilitas Asuransi

asuransi mobil
Source: Nerd Wallet

Ketika hendak melakukan kredit mobil, pastikan Anda telah memilah dan memilih perusahaan asuransi mana yang memiliki kredibilitas yang baik. Dalam hal ini, diperlukan pengetahuan perusahaan asuransi mana saja yang benar-benar memiliki reputasi dan terpercaya dalam hal asuransi kendaraan. Dalam hal ini ada 2 aspek yang harus Anda perhatikan, antara lain: pertama, bagaimana cara perusahaan asuransi tersebut dalam menyelesaikan dan menangani klaim yang diajukan oleh Anda; kedua, seberapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu klaim yang Anda ajukan kepada pihak asuransi. Kedua hal tersebut bisa menjadi parameter Anda dalam mempertimbangkan kredibilitas asuransi yang hendak Anda pilih.

Pastikan Layanan Apa Saja Yang Diberikan

Ketika Anda sudah mempertimbangkan perusahaan asuransi mana yang hendak Anda pilih, hal  selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah pastikan layanan apa saja yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Pastikan Anda menanyakan segala pertanyaan yang berkaitan dengan layanan asuransi mobil. Dalam hal ini diperlukan wawasan mengenai bagaimana aturan layanan pihak asuransi. Pertanyaan yang detail akan membantu Anda mengetahui layanan pihak asuransi seperti: layanan kerusakan pada mobil, proses klaim ketika mengalami kecelakaan, layanan derek ketika kondisi darurat, proses atau waktu yang dibutuhkan dalam mengurus klaim, persyaratan dan proses pendaftaran, serta segala macam hal lainnya yang berkaitan dengan layanan asuransi kecelakaan.

Baca Juga : Gaji 3 Juta? Pertimbangkan Ini Dulu Sebelum Kredit Mobil

Cari Tahu Berbagai Macam Keluhan Orang Lain

Jika Anda telah memastikan layanan apa saja yang diberikan oleh pihak asuransi, selanjutnya jangan langsung tergiur dengan apa yang ditawarkan. Ketika itu, Anda berhak meminta waktu untuk mempertimbangkan penggunaan layanan asuransi tersebut. Dalam jangka waktu yang ditentukan, Anda dapat mencermati bagaimana perbandingan keluhan orang lain kepada perusahaan asuransi tersebut. Hal ini juga dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam menilai tingkat profesionalisme layanan perusahaan asuransi yang hendak Anda gunakan. Setelah Anda melakukan eksplorasi mengenai keluhan kepada perusahaan asuransi tersebut, maka bandingkan keluhan yang diterima oleh perusahaan tersebut dengan keluhan yang berhasil diselesaikan. Dengan perbandingan tersebut, Anda dapat mempertimbangkan bahwa perusahaan asuransi tersebut dapat diandalkan sebagai pilihan utama asuransi mobil Anda.

Berapa Jumlah Biaya Asuransi?

Setelah mempertimbangkan segala aspek–yang tentunya sudah Anda lakukan observasi secara mendalam–maka yang harus Anda pertimbangkan selanjutnya adalah masalah jumlah biaya asuransi yang Anda keluarkan. Dalam hal ini, Anda harus melakukan (misalnya, simulasi keuangan) agar tidak membebani pengelolaan keuangan Anda di kemudian hari. Biasanya, setiap perusahaan asuransi akan mengenakan tarif insentif sesuai dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut kepada Anda. Namun, penetapan tarif tersebut biasanya telah disesuaikan berdasarkan kebiijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini OJK bertugas untuk mengatur batasan jumlah tarif asuransi.
Nah, itu dia 4 tips bagaimana Anda menentukan asuransi untuk mobil idaman Anda. Mengurus asuransi memang bukan urusan yang mudah untuk dilakukan, namun berbagai perusahaan asuransi juga telah memberikan beragam layanan terbaiknya untuk memudahkan setiap orang yang hendak memiliki mobil. Tentu saja, keselamatan dan kenyamanan adalah hal utama yang menjadi pertimbangan setiap pengemudi. Jadi, jangan salah pilih dalam menentukan asuransi mobil ya!

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas