Jangan Sembarang Beli, Simak Tips Memilih Velg Bekas

Ditulis oleh : admin | 20 January 2022

Jangan Sembarang Beli, Simak Tips Memilih Velg Bekas

momobil.id – Salah satu alternatif bagi para pemilik kendaraan bermotor untuk mempercantik mobil adalah membeli velg aftermarket. Namun, sebagian besar pemilik mobil membeli velg bekas. Selain banyak ditemui, harga velg bekas juga relatif lebih murah. Namun, pemilik mobil perlu berhati-hati saat membeli velg bekas. Agar mobil tetap nyaman dan aman saat digunakan, berikut tips memilih velg bekas yang aman.

Sesuaikan Ukuran Velg saat Membeli Velg Bekas

Pada saat membeli velg bekas, sesuaikan ukuran velg dengan velg standar mobil. Hindari penggunaan velg dengan ukuran diameter lebih dari 2 inci diatas velg standar, karena dapat berdampak buruk bagi kenyamanan dan keamanan. Selain itu, pastikan bahwa lubang baut pada velg bekas masih sesuai dengan ukuran standarnya. Hindari pembelian velg bekas rekondisi, karena biasanya sudah dimodifikasi oleh penjual.

Periksa Bibir Velg Bekas

Sebelum membeli velg bekas, periksa dahulu bagian bibir velg. Usahakan bibir velg dalam kondisi sempurna, tidak peyang atau penyok. Apabila demikian, maka velg telah direkondisi oleh penjual. Bibir velg yang penyok tentunya dapat membahayakan saat berkendara. Hal itu menandakan bahwa kualitas velg sudah berkurang dan tidak bagus. Cara memeriksa bibir velg yang penyok adalah dengan menaruh velg di atas kaca. Apabila ada bagian yang bergelombang, maka bibir velg sudah direkondisi oleh penjual.

Perhatikan Bagian Logo Velg Bekas

Pemeriksaan pada logo velg juga penting saat membeli velg bekas. Hal ini dapat menunjukan kualitas dan identitas dari velg. Apabila logo pada velg terlihat rapih dan tidak mengalami kerusakan signifikan, maka kualitas dapat dipertimbangkan. Namun, jika logo pada velg bekas mengalami kerusakan, para pembeli harus berhati-hati. Velg tersebut bisa dipastikan sudah direparasi oleh penjual.

Baca Juga: Sebelum Modifikasi, Kenali Dulu Ragam Ukuran PCD Velg Mobil

Perhatikan Nat atau Garis Konstruksi Bagian Velg

Velg bekas yang layak digunakan adalah velg dengan nat atau garus konstruksi bagian velg masih terjaga. Pemilik mobil perlu memperhatikan garis kontruksi velg, apakah terputus atau sengaja tertutup. Jika didapat velg dengan kondisi demikian, maka velg tersebut kondisinya sudah buruk.

Lihat Bagian Cat dan Warna Velg

Salah satu tips memilih velg bekas yang berkualitas adalah melihat warna cat velg. Velg krom memiliki warna yang lebih mengkilap dibandingkan dengan warna velg polesan. Pembelian velg yang sudah dicat ulang sebenarnya sah saja, asal tidak banyak merubah kualitas dari velg bekas tersebut. Namun, alangkah baiknya pembeli harus waspada dalam membeli velg bekas. Pasalnya, banyak oknum mengecat ulang velg agar menutupi kondisi sebenarnya dari velg bekas tersebut.

Tips Membeli Velg Bekas Online

Untuk pembelian velg bekas secara online, pembeli harus lebih berhati-hati. Pasalnya, pembeli tidak bisa melihat kondisi dari velg secara langsung. Pastikan membeli velg bekas di toko online yang sudah terpercaya dan bereputasi baik. Sebelum membeli, tanyakan terlebih dahulu mengenai kondisi dari velg. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu sejauh mana velg sudah direparasi atau tidak sebelum membeli velg bekas online.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas