Jangan Sembarangan, Ini Tips Mengemudi di Jalan Sempit

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 April 2022

Jangan Sembarangan, Ini Tips Mengemudi di Jalan Sempit

momobil.id – Tidak semua jalanan memiliki ukuran yang besar dan lebar. Jalanan di Indonesia tentu bervariasi, mulai dari jalan besar seperti tol sampai dengan jalan sempit seperti gang. Ketika sedang berkendara, pengemudi bisa saja melewati jalan yang sempit sehingga butuh perhatian lebih. Melewati jalan sempit bisa saja membuat pengemudi gugup dan tegang. Terlebih jika tidak berhati-hati bisa terperosok ke selokan, atau bersenggolan dengan pengguna jalan lain. Agar berkendara lebih aman, berikut ini adalah tips mengemudi di jalan sempit.

Observasi Sebelum Melewati Jalan Sempit

Sebelum mengemudi, penting untuk mengetahui detail dimensi kendaraan yang akan dikemudikan. Tanpa mengetahui ukuran dan dimensi kendaraan, pasti akan banyak gagal dan bersenggolan. Selain itu, pengemudi juga perlu mengobservasi jalan terlebih dahulu. Ketahui lebar jalan dan parit yang berada di sisinya. Lihat kembali kecukupan jalan ketika hendak dilewati oleh kendaraan. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk memandu saat melewati jalan sempit.

Lakukan Manuver Secara Perlahan

Saat mengemudi di jalan yang sempit, tips berikutnya adalah melakukan manuver secara perlahan. Putarlah setir dan injak gas secara perlahan dan berhati-hati untuk mengurangi resiko bersenggolan atau masuk ke dalam paritKurangilah koreksi setir agar arah ban menjadi lebih jelas. Hindari ngebut di jalanan yang sempit. Kecelakaan tentu dapat dihindari apabila mobil melaju dengan kecepatan yang rendah.

Baca Juga: Kenali Etika Berkendara yang Tepat di Jalan Tol

Perhatikan Situasi Sekitar saat Mengemudi di Jalan Sempit

Ketika berkendara di jalan yang sempit, pengemudi wajib memperhatikan situasi sekitar. Arahkan mata ke sekeliling kendaraan, terutama bagian depan dan samping untuk memastikan posisi mobil tetap aman. Apabila ada penumpang yang duduk di baris depan, manfaatkan untuk mengawasi sisi samping mobil yang bersinggungan dengan parit. Selain itu, beri ruang yang cukup apabila ada kendaraan yang lewat dari arah berlawanan. Untuk mengurangi resiko bersenggolan, lipatlaj spion samping dan kembalikan setelah berpapasan.

Cari Jalan Alternatif Lain Apabila Jalan Terlalu Sempit

Apabila jalan terlalu sempit dan pengemudi tidak yakin untuk melewati jalan tersebut, maka carilah jalan alternatif. Carilah jalan alternatif yang lebih aman dan lebar untuk menghindari segala resiko yang tidak diinginkan.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas