Bahaya! Ini Sebabnya Tidak Boleh Tidur di Dalam Mobil dengan Mesin Menyala

Ditulis oleh : Helen Birgitta

12 Aug 2019

momobil.id - Kebiasaan yang sering diambil oleh orang Indonesia adalah tidur di mobil dengan kondisi mesin dan AC dinyalakan. Namun tahu kah kamu bahwa ada bahaya yang mengintai jika tidur di mobil dengan mesin menyala? Banyak orang meninggal di mobil gara-gara tidur dengan kondisi seperti ini. Jadi, mengapa tidur di mobil dengan mesin menyala sangat bahaya?

Menurut Training Director The Real Driving Center, Marcell Kurniawan, hal ini sangat berbahaya apabila ada gas buang kendaraan yang bocor dan masuk kedalam kabin, lalu terhirup orang yang sedang tidur di dalam mobil.

"Fakta menunjukkan bahwa hanya membutuhkan satu jam hingga seseorang mati lemas ketika kadar oksigen di kabin berkurang, yang disebabkan oleh peningkatan akumulasi karbon monoksida di dalam kabin," kata Marcell kepada Kompas.

Marcell melanjutkan, walaupun tidur di mobil dengan kondisi kaca yang sedikit terbuka, bisa sedikit meningkatkan kadar CO dan menurunkan kadar oksigen dalam darah. Hal itu dapat mengakibatkan kehilangan cairan dalam tubuh. Situasi ini berbeda jika dalam kondisi mengemudi atau mobil berjalan. Seseorang tidak akan keracunan CO lantaran dalam kondisi sadar. Ketika temperatur akan berubah atau nafas menjadi kurang nyaman, seseorang bisa mengambil tindakan dengan membuka jendela mobil.

"Tidak seperti sedang tidur, kita tidak menyadari perubahan yang ada," kata Marcell. Lalu apa jadinya jika kondisi mesin mati dan jendelanya terbuka? Menurut Marcell, hal ini sebenarnya tak sepenuhnya aman, terutama jika posisi parkirnya berada di basement. Pasalnya, terkadang sirkulasi udara di dalam ruangan tidak bagus, sehingga level CO juga tinggi.

"Selain itu, risiko pencurian meninggi karena tidur membuka jendela," katanya. Untuk melakukan ini, teruslah mencari tempat yang dirasa cukup aman jika sulit menahan kantuk. Misalnya, jika sedang berada di tempat istirahat, cari lokasi di dekat stasiun keamanan. Buka jendela sedikit dan matikan mesin kendaraan. Pastikan semua barang berharga seperti dompet, tas atau ponsel disimpan dengan benar di tempat yang tak terlihat dari luar.

Sumber gambar: TheConversation

  • Auto Lifestyle (Display)
  • Tidur Di Mobil
  • gas buang mobil
  • pencurian mobil
  • ac mobil menyala

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAMBI

2016
Manual

102 juta

BANJARMASIN

2015
Otomatis

161 juta

BANJARMASIN

2017
Otomatis

465 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More