Jangan Tunggu Sampai Terbakar, Ini Tips Merawat Lampu Mobil

Ditulis oleh : redaksi | 9 March 2020

Jangan Tunggu Sampai Terbakar, Ini Tips Merawat Lampu Mobil

momobil.id – Jika kamu seorang yang gemar traveling menggunakan mobil, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. Sebut saja seperti melakukan penggantian oli, memeriksa kampas rem atau memeriksa tekanan ban. Namun, banyak pengguna yang sering mengabaikan satu komponen yang juga sangat utama, yaitu headlight atau lampu mobil. Pemilik kendaraan sebaiknya turut merawat lampu mobil mereka agar tetap nyaman selama berkendara.

Lampu (khususnya lampu depan) bisa dikatakan menjadi komponen keamanan yang sangat vital dan merupakan garis pertahanan pertama pada kendaraan, terutama ketika berkendara di malam hari atau kondisi jalan yang gelap. Tanpa adanya lampu depan, pengemudi akan kesulitan melihat objek di jalan sehingga sangat berisiko.

Jadi dibutuhkan langkah proaktif dari pengguna dalam hal merawat lampu mobil. Karena dengan pemeliharaan yang tepat akan memaksimalkan pandangan pengemudi serta membantu menghindari bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba ketika ingin merawat lampu mobil.

Sesuaikan kebutuhan

Saat ini, berbagai pilihan lampu mobil sudah tersedia di pasaran. Misalnya, tersedia lampu yang menawarkan visibilitas jalan lebih terang. Atau ada juga pilihan lampu dengan cahaya lebih putih yang meningkatkan kontras dan membantu pengemudi membedakan objek di sisi jalan lebih baik. Tentukan pilihan berdasarkan kenyamanan saat mengemudi.

Ganti sebelum terbakar

Lampu mobil yang tiba-tiba mati dengan kondisi menghitam (terbakar) ketika jalanan dalam kondisi gelap mungkin sering dijumpai. Hal ini tentu menimbulkan risiko bagi pengemudi dan pengendara lain di jalan. Jadi pastikan memerika kondisi lampu sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika lampu sudah mulai terlihat menghitam, sebaiknya lakukan penggantian.

Ganti satu set

Usahakan mengganti satu set lampu. Karena mengganti bohlam baru yang dipasangkan dengan bohlam lama akan menghasilkan cahaya yang tidak rata.

Bisa ganti sendiri

Mengganti bohlam lampu depan mobil sebenarnya tidak begitu sulit dan bisa dilakukan sendiri. Apalagi banyak panduan online yang bisa ditemukan baik melalui pencarian di Google atau melihat videonya di YouTube. Namun jika tidak yakin, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terpercaya.

Baca juga: Lima Teknologi Mobil yang Mengubah Masa Depan Berkendara

Itulah beberapa langkah mudah dalam memelihara lampu depan mobil. Dengan lampu depan dalam kondisi baik, tentu membantu meningkatkan visibilitas dan melihat objek lebih cepat jika terjadi kecelakaan atau kondisi jalan yang berbahaya.(Malika)

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas