Jarang Diketahui, Ini 6 Merek Mobil yang Asing Anda Dengar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 May 2020

Jarang Diketahui, Ini 6 Merek Mobil yang Asing Anda Dengar

momobil.id – Dunia industri penuh dengan berbagai merk dari berbagai penjuru dunia. Terdapat ribuan merk mobil di berbagai penjuru dunia ini. Sebagian orang pasti sudah familiar dengan mobil seperti Toyota, Honda, Suzuki, Mercedes Benz, dan BMW. Namun ada merek mobil yang cukup unik dan mungkin asing bagi sebagian orang. Memang perusahaan mobil ini tidak sebesar perusahaan mobil seperti Toyota ataupun Honda, namun pantas untuk dibahas. Berikut adalah 6 merek mobil asing yang jarang diketahui orang di dunia.

Tramontana

Perusahaan yang berbasis di Barcelona ini terkenal dengan supercar yang memiliki desain ala F1. Untuk merakit satu unit mobil Tramontana, diperlukan waktu sampai 4000 jam dengan pengerjaan yang sangat detail. Mobil ini dibuat sesuai pesanan, dan tidak sembarangan orang bisa membeli mobil ini. Dalam segi dapur pacu, mobil ini dilengkapi dengan mesin v12 buatan Mercedes Benz berkapasitas 5.500cc. Gabungan dari mesin gahar dan desain aerodinamis membuat mobil ini dapat melesat dari 0-100km/jam hanya dalam waktu kurang dari 10 detik. Tramontana sendiri menjual mobil ini dalam 2 model, yaitu GT dan XTR.

Donkervoort

Perusahaan yang memulai bisnisnya pada 1978 ini merupakan salah satu produsen mobil yang membuat mobil ringan dan kencang. Basis dari generasi pertama mobil ini merupakan Caterham 7 tahun 1978. Meskipun sudah 40 tahun, Donkervoort memiliki desain yang tak jauh dari pendahulunya. Produk terbaru dari Donkervoort adalah D8 GTO. Mobil dengan bobot 680kg ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya dengan waktu 2,8 detik.

Fornasari Automobilia

Perusahaan yang dibentuk oleh Gigi Fornasari pada tahun 1999 ini mengambil inspirasi desain mobilnya dari beberapa desain mobil dan model lainnya. Fornasari terkenal dengan pionir mobil grand tourer yang memiliki ground clearance tinggi. Salah satu mobilnya, yaitu RR600 memiliki mesin V8 buatan Chevrolet dengan tenaga sebesar 600hp.

Panoz

Pertama kali membuka bisnis mobil pada tahun 1988, Panoz membeli sasis mobil balap buatan Irlandia. Pada tahun 1990, Panoz memasarkan Panoz Roadster, dimana mobil ini memiliki rasa nyaman dalam berkendara dengan kecepatan tinggi. Inovasi dari Panoz tidak hanya sampai situ, Panoz juga membuat mobil balap dan mengujinya pada 24 Hours of Le Mans di Perancis.

Baca Juga : Empat Hal Penting dalam Merawat Mobil Listrik

Sabra

Perusahaan Sabra merupakan salah satunya perusahaan mobil asal Israel. Sabra sendiri memiliki logo kaktus karena arti dari nama mobil ini adalah “lahir di Israel” atau “kaktus”. Pada awalnya, Sabra memulai produksi dengan membeli hak desain dari perusahaan Ashley Inggris dan sasis dari insinyur asal Inggris Leslie Bellamy. Mesin yang digunakan oleh Sabra adalah mesin berkapasitas 1,700cc buatan Ford dan Reliant. Sejak awal produksi, mobil ini sudah dibuat sebanyak 379 unit dengan 100 unit mobil masih ada hingga saat ini.

Via Motors

Perusahaan asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai pembuat pick up, van, dan SUV bermesin listrik. Via Motors sudah menandatangani ontrak untuk menyuplai 13 ribu kendaraannya bagi perusahaan Pacific Gas and Electric. Perusahaan ini dibentuk sejak tahun 2010 dan merekrut Bob Lutz yang tak lain adalah Wakil Direktur General Motors.

Sumber gambar: wikipedia.org.



Kembali ke atas