Jasa Marga Segera Berlakukan Tarif Tol Japek II, Segini Besaran Tarifnya

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 2 November 2020

Jasa Marga Segera Berlakukan Tarif Tol Japek II, Segini Besaran Tarifnya

momobil.id – Tarif jalan tol layang Jakarta-Cikampek alias Japek II akan segera diberlakukan setelah dioperasikan tanpa tarif sejak Desember 2019.

Seperti dilansir Kompas.com, meski belum ada kepastian kapan penerapan tarif dilakukan, tetapi PT Jasa Marga ( Persero) Tbk memastikan tarif tol Japek II akan dibebankan ke pengguna kendaraan roda empat bulan ini.

Berbayarnya tol layang Japek ini menyusul keluarnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1524/KPTS/M/2020 tentang Pengintegrasian Sistem Pengumpulan Tol, Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor, dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Dalam keterangan resminya, disebutkan bahwa tarif akan diterapkan dalam waktu dekat.

“Setelah beroperasi tanpa tarif sejak Desember 2019, dalam waktu dekat akan diberlakukan tarif terintegrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated,” katanya dalam keterangan resmi.

Terkait dengan rencana penerapan tarif ini, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit tak membantahnya. Danang mengatakan, saat ini rencana pemberlakuan tarif untuk jalan tol layang Japek masih dikonsultasikan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ‚ÄúRencana pemberlakuan tarif ini dilakukan bulan November usai proses konsultasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,” katanya.

Mengenai besaran tarif yang akan diterapkan direncanakan sebesar Rp 20.000. Tarif ini merupakan tarif integrasi antara Tol Jakarta-Cikampek eksisting dan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Danang juga mengatakan, harga tersebut berlaku untuk kendaraan Golongan 1 dengan jarak terjauh yang dihitung mulai dari Jakarta Inter Change (IC) sampai Karawang Timur. Menurutnya, tarif melintas di tol sepanjang 36,4 kilometer tersebut kurang dari 50 persen dibandingkan dengan usulan tarif oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Tbk yang tertuang dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang sebesar Rp1.250 per kilometer.

Baca juga: Ada yang Harganya Ratusan Miliar Rupiah! Ini Daftar Mobil Termahal di Dunia Tahun 2019

Pada kesempatan lain, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, bahwasanya tersebut jauh di bawah usulan dalam PPJT. Meski begitu, tarif integrasi empat klaster pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini akan mendorong terciptanya efisiensi dan kelancaran perjalanan pengguna jalan tol. “Selain itu juga untuk kemudahan operasional. Jadi Integrasi ini untuk memudahkan jaringan jalan tol yang terkoneksi dengan Tol Jakarta-Cikampek selanjutnya,” tutur Subakti.

Sumber gambar: Jasa Marga


Kembali ke atas