Jenis Radiator Coolant Mobil yang Harus Anda Ketahui

momobil.id - Untuk mendukung sistem kerja mobil secara menyeluruh, mobil dilengkapi dengan radiator coolant mobil. Radiator sendiri memiliki cara kerja mengalirkan air atau coolant dengan memanfaatkan pompa air yang mengalirkan air ke mesin. Air tersebut nantinya akan mendinginkan mesin melalui jalur mesin di sekitar silinder, lalu menuju ke termosfat.

Apabila coolant di dalam radiator kurang, maka bisa mengakibatkan mesin menjadi overheating atau panas berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka mobil Anda bisa mogok. Terlebih lagi, sistem pendingin mobil atau AC bisa ikut terkena dampak, yaitu tidak bisa memberikan suhu yang sejuk.

Itulah sebabnya, Anda harus memilih radiator coolant mobil yang tepat untuk mendukung kinerja mobil yang kurang maksimal. Kali ini momobil.id akan mengulas jenis radiator coolant yang bisa Anda gunakan untuk mobil Anda.

Air Biasa

Radiator jenis ini menggunakan air biasa sebagai coolant. Meski tidak begitu efektif, air biasa memiliki titik didih yang rendah yang bisa Anda gunakan sebagai coolant.

Coolant Radiator

Coolant radiator ini efektif untuk Anda karena bisa langsung dipakai tanpa harus diencerkan terlebih dahulu. Coolant radiator air ini juga memiliki titik didih yang tinggi, yaitu sekitar 10 derajat celcius.

Radiator Super Coolant

Jika dibandingkan dengan jenis pertama dan kedua, radiator jenis ini sedikit berbeda karena sebelum menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu mencairkannya dengan menggunakan air bersih. Anda bisa melakukan pengenceran ini dengan perbandingan 50:50. Radiator super coolant juga memiliki titik didih yang tinggi, yakni sebesar 130 derajat celcius.

Antifreeze dan Coolant Protector

Jenis coolant ini hampir sama dengan radiator super coolant, yaitu dalam penggunaannya harus dicairkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Namun, untuk menggunakannya harus disesuaikan dengan iklim di sekitar Anda.

Untuk di iklim tropis, perbandingan yang bisa digunakan adalah 50:50. Kelebihan dari jenis ini adalah bisa menahan panas hingga 128 derajat celcius.

 

Itu dia jenis-jenis radiator yang bisa Anda gunakan untuk mobil. Jangan sampai salah pilih radiator, ya!

 Penulis : Dwi SeptiFoto : IST

Berita Terbaru

  • Harga Rp344 Juta, Ini Penambahan Aksesori di New HR-V Edisi Spesial MUGEN
    • 22 Jul 2019
  • Bangku Lebih Fleksibel, Kapasitas Bagasi Volkswagen Tiguan Allspace Bisa Mencapai 1.775 Liter
    • 19 Jul 2019
  • Wuling Almaz Hadir dalam Empat Varian, Simak Daftar Perbedaan Fiturnya
    • 19 Jul 2019
  • Honda Luncurkan All New Accord Berbekal Teknologi SENSING, Apa Fungsinya?
    • 18 Jul 2019
  • Keren, Booth Toyota GIIAS 2019 “Start Your Imposible”
    • 18 Jul 2019