Kenali Jenis Radiator Coolant agar Mesin Mobil Tidak Cepat Panas

Ditulis oleh : admin

2 December 2019

Kenali Jenis Radiator Coolant agar Mesin Mobil Tidak Cepat Panas

momobil.id – Guna mendukung sistem kerja mobil secara menyeluruh, mobil dilengkapi dengan radiator coolant. Radiator sendiri berfungsi sebagai sistem pendingin mesin mobil karena memiliki cara kerja mengalirkan air atau coolant dengan memanfaatkan pompa air yang mengalirkan air ke mesin. Air tersebut nantinya akan mendinginkan mesin melalui jalur mesin di sekitar silinder, lalu menuju ke termosfat.

Apabila coolant di dalam radiator kurang, maka bisa mengakibatkan mesin menjadi overheating atau panas berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka mobil bisa mogok. Terlebih lagi, sistem pendingin kabin mobil atau AC bisa ikut terkena dampak, yaitu tidak bisa memberikan suhu yang sejuk.

Itulah sebabnya, pemilik kendaraan harus memilih radiator coolant yang tepat untuk mendukung kinerja mobil yang kurang maksimal. Lalu, apa saja jenis radiator coolant yang bisa digunakan pada mobil guna membantu sistem pendingin mesin mobil?

Air Biasa

Radiator jenis ini menggunakan air biasa sebagai coolant. Meski tidak begitu efektif, air biasa memiliki titik didih yang rendah yang bisa digunakan sebagai coolant.

Coolant Radiator

Coolant radiator ini cukup efektif karena bisa langsung dipakai tanpa harus diencerkan terlebih dahulu. Coolant radiator air ini juga memiliki titik didih yang tinggi, yaitu sekitar 10 derajat celcius.

Radiator Super Coolant

Jika dibandingkan dengan jenis pertama dan kedua, radiator jenis ini sedikit berbeda karena sebelum menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu mencairkannya dengan menggunakan air bersih. Anda bisa melakukan pengenceran ini dengan perbandingan 50:50. Radiator super coolant juga memiliki titik didih yang tinggi, yakni sebesar 130 derajat celcius.

Antifreeze dan Coolant Protector

Jenis coolant ini hampir sama dengan radiator super coolant, yaitu dalam penggunaannya harus dicairkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Namun, untuk menggunakannya harus disesuaikan dengan iklim di sekitar Anda.

Untuk di iklim tropis, perbandingan yang bisa digunakan adalah 50:50. Kelebihan dari jenis ini adalah bisa menahan panas hingga 128 derajat celcius.

Baca Juga: Kenali perbedaan kaca atap mobil agar tak tertukar

Nah, itulah jenis-jenis radiator yang bisa digunakan untuk membantu sistem pendingin mesin mobil. Jangan sampai salah pilih radiator, ya!

Oleh: Dwi Septi

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas