Kaca Film Mobil Ternyata Bukan Cuma untuk Tolak Panas, Berguna Juga Buat Ini

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 13 May 2024

Kaca Film Mobil Ternyata Bukan Cuma untuk Tolak Panas, Berguna Juga Buat Ini

momobil.id – Kaca film umum dikenal sebagai lapisan pelindung yang ditempel di kaca mobil agar suasana kabin tidak panas ketika berkendara di tengah cuaca terik.

Meski begitu, kaca film mobil sebenarnya memiliki fungsi lain selain menolak panas. Fungsi lainnya yakni untuk membantu menahan serpihan kaca bila kaca mobil sampai pecah akibat kecelakaan atau terkena benda keras.

Bila tak ada kaca film, serpihan kaca mobil ini bisa secar instan langsung mengenai pengemudi atau penumpang yang ada di dalam mobil bila sampai pecah.

Dengan adanya kaca film, lapisannya menahan serpihan ini agar tak langsung tersebar. Meski akhirnya tetap pecah, setidaknya ada spare waktu hingga serpihan kaca itu benar-benar jatuh.

Demikian juga bila kaca film sengaja ingin dipecahkan oleh pelaku kejahatan yang ingin menggasak barang-barang berharga di dalam mobil. Kaca tidak langsung pecah ketika dipukul menggunakan benda keras karena tertahan oleh lapisan kaca film.

Fungsi lainnya, kaca film juga berguna untuk menjaga privasi pengemudi atau penumpang di dalam mobil. Tingkat kepekatan kaca film bisa disesuaikan sesuai preferensi pemilik mobil. Pemilihan warna tertentu pada kaca film juga menambah estetika mobil.

Baca juga: V-KOOL Tawarkan Tiga Varian Kaca Film, Ada yang Berlapis Emas

Adapun efektivitas menangkal panas pada kaca film sebenarnya tak terlalu dipengaruhi oleh tingkat kegelapannya. Perlu diketahui, kaca film mobil terbuat dari bahan transparan, biasanya polyester transparan.

Sekilas terlihat seperti sampul buku. Hal utama yang mencegah panas masuk ke dalam mobil adalah kandungan dalam bahan polyester tersebut.

Kandungan tersebut biasanya merupakan campuran zat-zat besi dan pewarna yang memberikan warnanya. Tetapi yang utama dalam mencegah panas tersebut adalah zat-zat besi tersebut yang bisa menyaring sinar UV.

Tergantung dari kaca film mana yang digunakan, kaca film bisa menyaring hingga 99 persen sinar UV untuk masuk ke dalam kabin. Inilah yang bisa membuat kabin lebih adem.

Karena yang utamanya adalah kandungannya, maka sering juga ada kaca film yang terlihat terang atau bahkan bening, namun di dalam kabin tetap adem.

Hal ini karena kualitas material yang digunakan pada kandungannya sangat baik. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa kaca film yang lebih gelap tidak selalu lebih adem ketimbang kaca film yang terlihat terang atau bening.

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas