Kaca Film Mobil yang Gelap Bisa Ganggu Sinyal Ponsel, Benarkah?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 4 July 2020

Kaca Film Mobil yang Gelap Bisa Ganggu Sinyal Ponsel, Benarkah?

momobil.id – Penggunaan kaca film pada kaca mobil merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Selain lebih aman dan privat, penggunaan kaca film juga dapat membuat interior mobil lebih sejuk. Setiap pemilik mobil tentunya menentukan tingkat kegelapan kaca film sesuai dengan kenyamanan. Beberapa pemilik mobil memakai kaca film transparan, namun tidak sedikit yang memilih kaca film dengan tingkat kegelapan lebih tinggi. Walaupun demikian, timbul sebuah pernyataan bahwa kaca film yang gelap dapat berpengaruh terhadap sinyal ponsel ketika berada di dalam kabin. Semakin gelap kaca film, maka sinyal ponsel akan terganggu.

Menanggapi hal ini, salah satu pemilik diler Authorized 3M, Martin mengatakan bahwa tingkat kegelapan kaca tidak berpengaruh terhadap melemahnya sinyal ponsel. Malah salah satu penyebab sinyal ponsel yang terganggu adalah material dari kaca film tersebut.

“Yang mempengaruhi sinyal itu bukan karena tingkat kegelapan kaca film, tetapi bahan dasar yang digunakannya,” ujar Martin dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Tips Merawat Eksterior Mobil Agar Tetap Kinclong

Untuk membuat kaca film, terdapat tiga jenis bahan dasar, yaitu nano metal, nano carbon, dan nano ceramic. Material pada kaca film yang menghambat sinyal adalah nano metal. Penggunaan bahan nano metal ini biasanya terdapat pada kaca film yang berwarna silver. Di dalam hal ini, sinyal ponsel dan radio akan terpengaruh apabila menggunakan kaca film yang berbahan logam. Oleh karena itu, saat memasang kaca film, disarankan untuk menggunakan kaca film dengan kandungan logam di bawah 50 persen. Hal ini bertujuan agar kaca film yang dipasang tidak mempengaruhi kinerja sinyal ponsel atau radio. Pemilik mobil harus memperhatikan kandungan material kaca film terlebih dahulu sebelum memasang kaca film.


Kembali ke atas