Karena Masalah Ini, Toyota Indonesia Umumkan Recall Model Innova dan Fortuner

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 24 August 2020

Karena Masalah Ini, Toyota Indonesia Umumkan Recall Model Innova dan Fortuner

momobil.id – Belum lama ini Toyota Indonesia mengumumkan recall atau penarikan kembali pada model Innova dan Fortuner setelah menemukan adanya masalah pada komponen selang vacuum rem di kedua model tersebut. Unit yang terdampak merupakan mobil rakitan 16-28 Agustus 2019.

Masalah pada komponen selang vacuum rem menimbulkan potensi komponen tersebut berubah wujud akibat proses vulkanisasi atau perubahan sifat karet seiring pemakaian. Seperti dilansir Kumparan, atas perubahan wujud itu, daya tahan selang kemungkinan menurun. Akibatnya dukungan terhadap sistem pengereman bisa hilang, sehingga diperlukan upaya peningkatan tekanan saat menginjak rem untuk menghentikan laju kendaraan.

Komponen selang vacuum rem berfungsi menghubungkan pompa vakum ke brake booster, dan menyuplai kevakuman untuk membantu pengereman. Makanya pedal rem ketika diinjak terasa empuk. Apabila dalam pengendaraan terdapat masalah tersebut, indikator brake caution pada panel meter mobil akan menyala.

Toyota Innova
Toyota Innova

Berdasarkan keterangan lanjutan, secara total ada 1.633 unit Toyota Innova maupun Fortuner yang masuk dalam program recall kali ini. Namun tidak semua kendaraan dalam periode produksi tersebut harus menjalani perbaikan, sebab hanya nomor rangka tertentu yang terdampak.

“Kami mempunyai komitmen kuat dalam menghadirkan ‘Peace of Mind’ dan Total Ownership Experience’ bagi pelanggan dengan selalu memberikan layanan aftersales terbaik dan memastikan bahwa kendaraan milik pelanggan dalam kondisi prima,” jelas Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam pernyataan resmi.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Mobil Listrik Menerobos Banjir?

Karena itu, Toyota menyelenggarakan kampanye pergantian komponen selang vacuum rem secara cuma-cuma. Pengerjaan membutuhkan waktu paling lama dua jam tergantung model kendaraan. Lebih lanjut Henry menjelaskan sudah mengirim surat pemberitahuan kepada pemilik mobil yang terdampak recall Toyota. Selanjutnya mereka diminta booking service ke bengkel resmi Toyota untuk menentukan waktu perbaikan.

Apabila belum mendapat surat undangan atau pemilik mobil merupakan tangan kedua, bisa mencari tahu status kendaraannya melalui diler resmi terdekat atau mengakses www.toyota.astra.co.id/ssc dengan memasukkan nomor rangka kendaraan. Bisa juga menghubungi pusat layanan pelanggan Toyota di 1 500 315.

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas