Katanya Feroza Lebih Baik dari Katana, Benarkah?

Ditulis oleh : admin | 7 March 2017

Katanya Feroza Lebih Baik dari Katana, Benarkah?

Jika Anda adalah orang yang sempat merasakan masa 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil-mobil ikonik pada zaman itu. Sebut saja mobil sedan BMW 318i yang sangat populer bagi anak-anak muda yang suka modifikasi. Kemudian pada bagian mobil keluarga, kita mengenal Kijang Grand Extra yang juga sangat populer pada masa itu karena konsumsi bahan bakarnya yang sangat hemat. Nah, jika kita berbicara pada tipe mobil SUV, mobil apakah yang paling populer pada zaman itu? Tentu rasanya kita setuju jika raja mobil SUV pada masa itu adalah Daihatsu Feroza dan Suzuki Katana.

Baca Juga : Toyota Rush vs Honda Mobilio, Mana yang Unggul?

Kedua mobil ini menjadi sangat populer dikalangan SUV zaman dulu sebab baik Feroza maupun Katana memilik guncangan yang katanya tidak seperti mobil biasa. Apakah benar? Jika kita pilih Feroza atau Katana, manakah yang lebih baik? Yuk kita cek spesifikasi kedua mobil ini di bawah :

Pilih Feroza atau Katana
Source: blogspot.com

Pilih Katana atau Feroza?

Eksterior

Dari segi desain eksterior, Daihatsu Feroza cukup gagah. Bisa dilihat bahwa mobil ini mempunyai body yang minim lekukan, bahkan bisa dibilang body mobil ini 80% adalah kotak. Namun, justru dengan desain eksterior yang kotak, membuat mobil ini semakin banyak digemari oleh banyak orang, khususnya para laki-laki. Tidak hanya itu, Feroza juga didukung dengan ground clearance nya yang tinggi sehingga menambah kegagahan bentuk mobil ini. Bagaimana dengan Suzuki Katana? Katana punya body eksterior yang terbilang cukup sederhana dan lebih kecil dibanding Feroza. Namun, walaupun kecil, justru hal inilah yang membuat banyak orang menggemari mobil ini, kenapa? Karena lebih ringan dan tidak repot dalam membawanya. Berbeda dengan Feroza, mobil ini punya lebih banyak lekukan sehingga tampak modern. Belum lagi lampu depannya yang berbentuk bulat, membuat mobil ini juga tidak kalah gagah dibanding Feroza sehingga mobil ini juga banyak digunakan oleh kaum adam.

Performa Mesin

Suzuki Katana memiliki mesin tipe F 10 A SOHC, 4 silinder segaris, 8 katup dengan kapasitas mesin 1000 cc. Daya maksimum mesin Suzuki Katana mencapai 50 ps/5.500 rpm dengan torsi sebesar 7.5 kgm/3.500 rpm. Awalnya Suzuki Katana memiliki mesin penggerak 4 roda dan 2 roda, tapi kenyataannya ketika mobil ini dilepas ke pasaran, banyak yang terjual adalah Katana penggerak 2 roda sehingga mesin penggerak 4 roda tidak lagi diproduksi. Bagaimana dengan mesin Feroza? Mesin Feroza sendiri terdiri dari mesin berkapasitas 1.6 liter dengan tenaga 94 HP pada 5.700 RPM dan torsi sebesar 127 Nm dengan daya maksimum sebesar 4.800. Untuk katupnya sendiri, Daihatsu Feroza memiliki mesin berkatup 16 sehingga mesin mobil ini terbilang salah satu mesin terbaik yang pernah diproduksi Daihatsu.

Kenyamanan

Dari kenyamanan sendiri, kedua mobil juga sering dibicarakan dan dibandingkan oleh banyak orang. Jika berbicara kenyamanan, sebaiknya pilih Katana atau Feroza ya? Nah yuk kita bahas Feroza terlebih dahulu. Jika melewati jalan berlubang dan bebatuan. Feroza dibilang lebih handal dibanding saudara sekandungnya seperti Taft atau Rocky. Feroza memiliki ground clearance yang tinggi dan chassis mobil yang cukup jauh dari dataran membuat mobil ini sangat aman melewati jalan-jalan berlubang. Tidak hanya itu, Feroza juga didukung dengan suspensi yang fleksibel sehingga getaran yang terjadi di dalam mobil ini sangat minim sekali. Nah, bagaimana dengan Suzuki Katana? Katana sendiri punya suspensi yang agak tegang sehingga saat mobil ini melewati jalan berlubang, guncangannya akan lebih terasa bagi pengendara dan penumpang. Tidak adanya booster rem dan interior sempit juga semakin mendukung guncangan besar dari mobil ini.

Itulah perbandingan kedua mobil ini jika Anda masih bingung mau pilih Katana atau Feroza Manakah yang lebih baik? Anda yang nilai sendiri berdasarkan kebutuhan Anda. Secara harga, Suzuki Katana masih terbilang sedikit lebih mahal dibanding Feroza, mobil Katana ini dibanderol dengan harga sekitar 60 jutaan. Untuk Daihatsu Feroza sendiri, dibanderol dengan harga sekitar 40-50 jutaan. Kalau tidak percaya, cek aja berbagai koleksi lengkap jual beli mobil bekas di Momobil.id!

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas