Katanya Yaris TRD Lebih Baik Dari Jazz RS? Bener Gak ya?

Rivalitas antara Honda Jazz vs Toyota Yaris nampaknya akan terus berlangsung. Kedua pabrikan mobil ini terus berinovasi untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan nyaman. Mulai dari eksterior, interior, fitur dan teknologi menjadi bagian dari persaingan pabrikan otomotif asal Jepang ini. Bagi Anda yang sangat suka dengan City Car nampaknya sudah wajib hukumnya untuk mengetahui siapa pemenang dalam persaingan kali ini antara Jazz RS dengan Yaris TRD.

Baca Juga : Masa Sih Honda Brio Lebih Unggul Dibanding Toyota Agya?

Sebelum menentukan siapa yang paling unggul dari rivalitas ini, mari kita bahas secara seksama mulai dari membandingkan tiap aspek yang dimiliki dari masing-masing mobil. Tanpa berlama-lama yuk kita mulai bahas.

Honda Jazz dan Toyota Yaris Source: autocar.co.uk

Eksterior

Ada dua hal yang bisa dikatakan sangat berbeda pada soal eksterior ini. Pertama Honda selalu mendesain mobil Jazz RS untuk pasaran dunia walau memiliki spesifikasi mesin yang berbeda di tiap negara, namun hal yang berbeda datang dari pihak Toyota di mana ingin mengkhususkan Yaris TRD untuk pasar Asia saja. Bila dilihat secara sekilas, kedua mobil ini memiliki tampilan yang sama-sama agresif dibandingkan pendahulunya. Walau memiliki tampilan agresif, tidak semua orang akan menyukai kedua mobil ini, karena preferensi masing-masing orang berbeda.

Kedua mobil ini memiliki tampilan yang lebih agresif dibandingkan dengan pendahulunya yang terlihat lebih manis, sayangnya tidak semua orang akan menyukai tampilan yang terlalu agresif kedua mobil ini, sehingga unsur selera individu sangat menentukan dalam menilai desain eksterior mobil ini. Untuk eksterior, Toyota Yaris khususnya pada varian Sportivo, mobil ini memiliki tambahan body kit yang membuatnya tampak lebih garang. Selain itu, unsur futuristik juga ditanamkan dalam mobil Yaris TRD ini dengan projection headlamp dan LED DRL pada bumper depan mobil ini. Eksterior pada body kit mobil Yaris TRD yang landai membuatnya nampak seperti menyapu jalan, dan bentukan rear mobil ini didesain semodern mungkin membuatnya jauh lebih keren dibandingkan Yaris terdahulu.

Mari kita lirik eksterior dari mobil Honda Jazz RS. Pada eksterior mobil ini dapat dilihat bagaimana Honda selalu dapat berhasil memberikan image solid pada setiap mobilnya, termasuk Jazz RS. Sekilas, mobil ini akan terlihat mirip dengan Civic Hatchback yang juga identik dengan Honda Civic Type R. Honda memberikan perlawanan sengit pada persaingan eksterior mobil ini, di mana Honda mendesain lampu utama berupa LED yang sudah disertakan dengan auto leveling selain dari lampu LED DRL stripe yang bersebelahan dengan foglamp. Bila melihat dari bagian rear mobil Honda Jazz RS ini, mungkin Anda bisa merasakan ada sedikit kejanggalan pada desainnya yang sedikit condong ke depan dan membuat bagian belakang terlihat terangkat dan bisa mengingatkan Anda pada desain mobil Mitshubishi Mirage.

Bisa dikatakan dari sisi Eksterior secara umum Toyota Yaris TRD adalah pemenangnya, tapi bila Anda ingin membuat Honda Jazz RS lebih garang dengan tampilan eksterior yang lebih gahar, maka Anda bisa mencoba membeli body kit Mugen dan Modulo.

Interior

Setelah puas membahas eksterior, saatnya kita bongkar interior dari kedua mobil ini, Honda Jazz vs Toyota Yaris. Yaris TRD memiliki interior yang cukup berkelas jika dilihat dari sisi setir, shift knob berlapis kulit, ac digital dengan climate control, multimedia entertainment yang canggih. Namun, patut disayangkan dengan interior yang sudah cukup menunjang tersebut, Yaris TRD menggunakan warna hitam kelam yang mirip dengan Toyota Limo yang kita tahu mobil tersebut digunakan sebagai taxi. Selain dari pemilihan warna yang membuat image mobil ini sedikit menurun, kelemahan lain dari Toyota Yaris TRD ini terdapat pada desain dashboardnya yang kurang praktis jika dibandingkan dengan generasi Toyota Yaris generasi sebelumnya.

Lain kata dengan mobil Honda RS yang memiliki banyak nilai lebih pada interiornya. Pada sisi dashboard, Honda RS sangat memanjakan para penggunanya seperti desain speedometer yang futuristik dengan MID besar serta paddle shift di belakang kemudinya. Telescopic steering dan seatbelt height adjuster juga menjadi nilai lebih dari interior Honda Jazz RS ini.

Honda Jazz vs Toyota Yaris Source: honda.com.au

Honda-Jazz-Seating-Position. Posisi duduk di kursi Honda Jazz RS juga tidak ubahnya duduk di kursi Honda Jazz model terdahulu, sangat nyaman dan sportif jika dibandingkan dengan Toyota Yaris. Pada doortrimnya kita akan menemukan bahan fabric yang memberikan kesan mewah dan kini Honda Jazz RS sudah dibekali dengan keyless entry dan start/stop engine seperti layaknya Toyota Yaris tipe S generasi sebelumnya. Namun, ternyata dari beragam kemewahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Jazz RZ ini, masih terdapat beberapa kekurangan dari sisi Interior mobil Honda ini seperti pemilihan material dan finishing yang kurang rapi. Walau memiliki kekurangan, interior Honda Jazz RS masih jauh lebih unggul dibandingkan Toyota Yaris TRD.

Fitur

Sepertinya untuk kategori fitur Honda Jazz vs Toyota Yaris sama kuat. Baik dari Honda Jazz RS dan Toyota Yaris TRD sudah memiliki dan dilengkapi beragam fitur seperti audio touch screen, leather steering, steering switch control, keyless entry dengan start/stop engine, projection headlamp, LED DRL, retractable mirror, tilt steering, immobilizer, dual airbags dan pengereman ABS, EBD + BA. Fitur yang memberikan nilai lebih untuk Toyota Yaris TRD meliputi Head Unit canggih dengan koneksi bluetooth, navigasi GPS, internet, air gesture, aplikasi My Toyota hingga ac digital dengan auto climate control.

Honda Jazz RS pun tak mau kalah saing dengan teknologi dari Toyota tersebut, terbukti Honda Jazz RS sudah dilengkapi teknologi yang mumpuni sebagai contoh headlight LED Projection dengan auto leveling, paddle shift, cruise control, telescopic steerng dan kursi belakang ISOFIX. Dengan kelebihan masing-masing fitur yang ditawarkan oleh Yaris TRD dan Jazz RS nampaknya kali ini mereka memiliki nilai yang imbang.

Mesin

Untuk sisi mesin, kita akan melihat dari sisi spesifikasinya, karena kami belum mencoba dan merasakan langsung kekuatan dari kedua mobil ini. Mungkin bisa kita awali pembahasan mesin ini dari Toyota Yaris TRD yang mengusung mesin Toyota Vios tanpa upgrade yang signifikan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mesin yang digunakan oleh mobil Toyota Vios sudah teruji dari kemampuan hingga tenaganya.

Hal yang berbeda terdapat dari mesin Honda Jazz RS di mana mesinnya menggunakan platform L15Z1. Kemampuan dan tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini bisa dikatatakan sangat memuaskan, karena Honda telah melakukan beragam penyempurnaan seperti membuat mesin ini lebih ringan, ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Bahkan Honda menjamin bahwa mesin generasi terbaru yang menggunakan transmisi Earth Dream CVT akan lebih hemat dalam menggunakan bahan bakar dibandingkan pendahulunya. Nampaknya untuk masalah mesin antara Honda Jazz vs Toyota Yaris, adalah Honda yang memenangkan persaingan ini.

share sekarang

 
Tutup

Anda belum membeli mobil apa pun.

Rekomendasi Perkiraan Biaya

12

XSaya tidak tertarik