Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 March 2022

Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

momobil.id – Komponen mobil yang krusial menyangkut kenyamanan adalah AC mobil. Layaknya komponen lain, AC mobil juga akan mengalami kerusakan seiring pemakaian. Perjalanan jauh tentu tidak akan nyaman apabila AC tidak bekerja dengan maksimal. Berkurangnya kinerja AC tidak lepas dari cara penggunaannya oleh pemilik mobil. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk pemilik mobil yang dapat membuat komponen AC cepat rusak.

Kebiasaan Membuka Kaca Saat AC Mobil Dinyalakan

Saat membuka kaca, udara dari luar akan masuk ke dalam kabin mobil. Ketika AC sedang menyala, udara luar yang mengandung kotoran tidak terfiltrasi dan otomatis masuk ke dalam komponen AC. Kotoran yang berasal dari udara luar tersebut akan bersarang pada komponen filter kabin. Ketika filter kotor, otomatis kinerja kompresor membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai temperatur udara yang diinginkan. Hal ini membuat komponen AC lebih cepat rusak. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk membersihkan komponen filter AC dan kabin mobil. Usahakan kabin mobil terbebas dari debu dan kotoran agar kinerja AC lebih optimal.

Merokok Dalam Mobil

Kebiasaan merokok di dalam mobil dapat membuat AC mobil cepat rusak. Hal ini diakibatkan oleh abu rokok yang tersedot dan mengotori filter AC. Abu rokok yang menumpuk dapat membuat kinerja kompresor lebih berat, sehingga udara terasa lebih panas. Merokok kabin sangat tidak disarankan, baik AC dalam keadaan menyala atau mati. Selain memperburuk kinerja AC, merokok dalam mobil juga dapat memicu terjadinya kebakaran.

Baca Juga: Jangan Tunggu Sampai Panas, Begini Cara Merawat AC Mobil yang Benar

Kebiasaan Mematikan Mobil saat AC Menyala

Agar suhu tetap sejuk, biasanya pemilik mobil menyalakan AC saat kondisi mesin mobil mati. Meskipun tidak berdampak langsung terhadap komponen AC, kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi komponen mesin, khususnya aki. Kelistrikan aki menjadi tidak stabil karena kinerja aki yang berat saat menyalakan mesin dan AC secara bersamaan. Arus listrik yang tidak stabil nantinya akan berdampak pada kelistrikan komponen AC.

Penggunaan Pewangi Berbentuk Gel

Biasanya pemilik mobil menggunakan pewangi agar aroma dalam kabin tetap segar. Namun, pemilihan pewangi mobil yang tidak sesuai juga dapat memberikan efek terhadap kinerja komponen AC. Saat memilih pewangi mobil, hindari penggunaan pewangi berbentuk gel. Pewangi berbentuk gel akan menguap dan berubah bentuk menjadi gas. Ketika terkena suhu dingin, uapan gas dari pewangi akan kembali menjadi gel dan menghambatfilter serta evaporator dalam AC.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas