Kecepatan Analisis di Bengkel Resmi Suzuki Meningkat Hingga 300 Persen

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 July 2020

Kecepatan Analisis di Bengkel Resmi Suzuki Meningkat Hingga 300 Persen

momobil.id – Di tengah menurunnya jumlah unit entry yang masuk ke bengkel resmi karena dampak pandemi COVID-19, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat adanya pencapaian positif dalam penanganan masalah teknis kendaraan pelanggan yang dikirim oleh dealer secara berkala. Bahkan, selama April dan Mei 2020, rata-rata kecepatan analisis dan penanganan masalah teknis meningkat signifikan hingga mencapai 300 persen.

Bengkel resmi Suzuki telah menggunakan sistem terintegrasi yang dipakai sebagai sarana komunikasi antara Suzuki dan dealer untuk menindaklanjuti temuan dan permasalahan teknis kendaraan pelanggan yang masih dalam masa garansi yaitu selama tiga tahun/100.000 kilometer. Dalam sistem tersebut, temuan dan permasalahan teknis yang dilaporkan diler akan di-review, dianalisis, dan diverifikasi oleh tim Suzuki.

“Pandemi ini tidak membuat kualitas layanan kami menurun. Dengan jumlah hari kerja yang lebih sedikit dari biasanya, kami mampu mengoptimalkan investigasi dan review menyeluruh atas laporan masalah teknis kendaraan pelanggan yang dikirimkan dealer. Hasilnya kemudian akan diteruskan ke tim Quality Assurance untuk dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas kendaraan di masa yang akan datang,” jelas Riecky Patrayudha selaku 4W, 2W & Marine Service Director PT SIS.

Meski pandemi berdampak pada waktu kerja yang menjadi lebih terbatas dan unit entry yang masuk ke bengkel menurun, Suzuki mengklaim tim teknis mereka tetap optimal memverifikasi semua laporan sehingga berhasil meningkatkan rasio kecepatan analisis. Pada April 2020, di saat jumlah unit entry merosot hingga 47 persen, tim Suzuki mampu meningkatkan rata-rata kecepatan proses investigasi, analisis, dan verifikasi 300 persen lebih tinggi dibandingkan kondisi normal.

Hasil verifikasi tersebut kemudian dikirimkan ke bagian terkait seperti Quality Assurance, pabrik, bahkan hingga ke Suzuki Motor Corporation sebagai prinsipal untuk ditindaklanjuti agar dilakukan peningkatan kinerja dan kualitas kendaraan yang akan diproduksi selanjutnya.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Bekas yang Harganya Tak Sampai Rp80 Juta

“Upaya berkelanjutan yang kami lakukan ini sangat penting untuk dilakukan, karena ini adalah bagian dari komitmen Suzuki untuk selalu memberikan layanan dan produk-produk berkualitas bagi pelanggan. Ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kami terhadap kepercayaan pelanggan yang sudah menemani perjalanan Suzuki selama 50 tahun di Indonesia,” kata Riecky.



Kembali ke atas