Kekurangan dan Kelebihan Mobil Matic dan Manual

Ditulis oleh : admin | 13 March 2017

Kekurangan dan Kelebihan Mobil Matic dan Manual

Pasti Anda sering melihat stiker-stiker di mobil yang bertuliskan real men use three pedals atau classy men use two pedals bukan? Stiker-stiker tersebut tak lain dan tak bukan merujuk pada sistem transmisi pada mobil yang mereka gunakan, yaitu manual dan automatic (atau singkatnya matic). Perdebatan transmisi apa yang harusnya konsumen pilih memang tidak ada habisnya, apalagi jika dikaitkan dengan masalah kemachoan.

Bukan Masalah Kemachoan dan Gender

Source: Twitter

Beberapa pihak menganggap mobil bertransmisi matic itu ditujukan untuk wanita, sedangkan mobil bertransimisi manual ditujukan untuk lelaki karena faktor kerumitan. Padahal, setiap jenis transmisi memiliki kelebihannya masing-masing di sisi kenyamanan serta kebutuhan, bukan karena faktor gender. Lebih dari itu, kelebihan mobil manual atau mobil matic harusnya dimanfaatkan dan disesuaikan dengan kebiasaan mengemudi sehari-hari.

Untuk itu, Anda sebaiknya mencari tahu dahulu kelebihan dan kekurangan mobil matic atau manual sebelum pergi ke showroom dan beli kredit mobil bekas atau baru. Simak kelebihan dan kekurangan mobil manual atau matic berikut:

Source: Tribun

Kelebihan Mobil Matic

  • Praktis Untuk Dikendarai

Tidak seperti mobil manual, mobil matic tidak perlu banyak memindahkan transmisi ketika sedang berjalan. Anda cukup memindahkan tuas transimisi sesuai kebutuhan; P untuk parkir, R untuk mundur, D untuk berjalan, N untuk me-netralkan transmisi, dan L untuk tanjakan. Transmisi ini pun cocok untuk orang yang baru belajar mengemudi mobil. Jangan khawatir tidak bisa mendapatkan SIM, karena sekarang sudah diperbolehkan untuk tes mendapatkan izin kemudi dengan mobil bertransmisi matic.

  • Tidak Mudah Capek

Salah satu yang diunggulkan dari mobil matic adalah selain praktis, mobil matic juga cenderung tidak lebih melelahkan dibanding mobil manual karena tangan tidak harus selalu menggonta-ganti tuas transmisi dan kakipun tidak perlu capek menahan kopling. Oleh karena itu, mobil Matic cocok untuk orang yang tidak ingin kerepotan mengganti-ganti transmisi saat mengemudi, terutama di kota-kota besar yang penuh kemacetan.

Kekurangan Mobil Matic

  • Perawatan Harus Lebih Ketat Dibanding Mobil Manual

Kenyaman yang lebih juga harus dibayar oleh harga perawatan yang sebanding. Oleh karena itu, mobil matic cenderung lebih mahal dalam segi perawatan. Pasalnya, transmisi ini membutuhkan asupan bahan bakar serta oli yang lebih banyak dibanding mobil manual. Ditambah lagi jika ada kerusakan, harga suku cadangnya lebih mahal dibanding mobil manual.

  • Harga Beli Mobil Matic Lebih Mahal

Dengan suku cadang dan teknologi yang lebih mutakhir, tidak heran kalau sebuah merk mobil bertransmisi matic akan lebih mahal dengan yang bertransmisi manual. Untuk itu, jika Anda berniat untuk beli kredit mobil bekas atau baru bertransmisi matic, Anda harus menabung dan merogoh kocek yang lebih dalam.

  • Akselerasi Mobil Tidak Selihai Mobil Manual

Karena semua sudah serba otomatis, Anda menjadi tak bisa mengendalikan perpindahan transmisi secara seutuhnya. Oleh karena itu, jika Anda adalah seseorang yang mengedepankan akselerasi dan senang melaju dengan kencang, mobil matic akan terasa kurang cocok untuk Anda, karena mobil bertransmisi ini lebih ditujukan untuk konsumen yang mengedepankan kemudahan dan kenyamanan, bukan kecepatan.

Source: Viva
Source: Viva

Kelebihan Mobil Manual

  • Kenyamanan Transmisi Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan Pengemudi

Ketika mengemudikan mobil bertransmisi manual, Anda adalah pemegang otoritas penuh tuas transmisi beserta kopling. Ingin melaju kencang ataupun pelan, permainan transmisi semuanya bergantung pada cara mengemudi Anda. Pengaturan transmisi pun lebih leluasa dilakukan oleh teknisi karena sudah banyak yang ahli dalam menangani mobil manual.

  • Lebih Irit Dalam Segi Bahan Bakar dan Harga

Dengan sistem transmisi dan mesin yang serba manual, mobil manual tidak memerlukan asupan bahan bakar dan oli sebesar mobil matic sehingga bisa menghemat bahan bakar mobil Anda agar tidak cepat habis. Begitu pula dengan harga jual mobil manual, karena tidak dilengkapi oleh sistem transmisi matic yang lebih mahal, maka mobil bermerk sama dengan transmisi manual akan mempunyai harga yang lebih murah.

Kekurangan Mobil Manual

  • Lebih Capek Dibanding Mobil Matic

Karena harus mengoperasikan dan membagi fokus antara tuas transmisi, kopling, dan gas, mengendarai mobil manual akan lebih mudah lelah jika mengemudi jarak jauh dan ditengah kemacetan. Apalagi jika Anda tinggal dan bekerja di daerah yang selalu macet, tentu akan sangat melelahkan.

  • Perlu Latihan Lebih Untuk Pemula

Tidak seperti mobil matic yang hanya perlu belajar pembiasaan dan irama gas & rem, belajar mobil manual perlu latihan lebih untuk membiasakan penggantian transmisi serta irama penginjakkan gas, tuas transmisi, dan kopling. Namun, hampir bisa dipastikan pengemudi yang berhasil menguasi mobil manual, bisa mengendarai mobil matic juga.

Kelebihan dan kekurangan mobil matic dan manual di atas bisa Anda jadikan pacuan sebelum melakukan kredit mobil bekas atau baru, agar bisa jadi pertimbangan sesuai kondisi keuangan, daerah tempat tinggal, serta kenyamanannya. Tidak ada yang mutlak lebih baik, karena keduanya bergantung pada kebutuhan Anda. Oleh karena itu, sekarang sudah jelas kan ini bukan masalah macho atau tidak macho?

Nah kalau Anda sudah menentukan pilihan akan memilih mobil bertransmisi manual atau matic, cara saja mobil idaman Anda di Momobil.id. Selain pilihan mobil bertransmisi mobil atau matic, Anda juga bisa beli kredit mobil yang pastinya aman dan terjamin. Sudah tahu mau beli mobil matic atau manual? Cek sekarang!

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas