Kelistrikan Mobil Bisa Bermasalah Jika Kabel Aki Negatif Kendur, Ini Sebabnya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 December 2020

Kelistrikan Mobil Bisa Bermasalah Jika Kabel Aki Negatif Kendur, Ini Sebabnya

momobil.id – Ketika melihat kabel negatif aki kendur, sebaiknya jangan diabaikan. Hal ini karena kabel aki negatif memegang peran penting pada sebuah sistem kelistrikan mobil.

Sebagai informasi, arus yang mengalir ke komponen kelistrikan dipengaruhi oleh kabel negatif ini juga. Karenanya, kabel negatif aki yang kendur akan berdampak terhadap kelistrikan mobil.

“Aki mobil sebagai sumber arus listrik harus memasok ke seluruh komponen kelistrikan termasuk pengapian,” buka Andy dari bengkel Honda Clinic Auto Tech Support (HCATS) di Banjir Kanal Timur (BKT), Pondok Kopi, Jakarta Timur, seperti dilansir GridOto.com.

“Efek parahnya bisa membuat kelistrikan mesin khususnya ECU dan sensor-sensor bermasalah,” tambahnya. Arus listrik yang mengalir ke komponen kelistrikan tersebut tidak mengalir secara sempurna. “Misalnya arus listrik yang dibutuhkan konstan 12 volt, kalau kabel aki negatif kendur bisa kurang dari itu,” sebutnya.

Efek paling bisa dirasakan adalah muncul logo indikator engine check di panel dashboard karena mobil akan membacanya sebagai malfungsi. “Sebaiknya, saat memerika kondisi mesin, cek juga kekencangan baut kepala aki negatif dan kabelnya,” sebut Andy.

Baca juga: Air Aki Mobil Cepat Habis, Coba Cek Komponen Ini

Adapun selain memeriksa kabel negatif aki, pemilik mobil sebaiknya juga mengetahui beberapa hal yang bisa membuat aki lebih awet. Misalnya, dengan melakukan pemeriksaan secara berkala guna memastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.

Kemudian, rutin memanaskan mobil agar arus listrik di dalam aki terus terisi oleh alternator. Untuk memastikan siklus pengisian ulang pada aki berlangsung dengan baik, kendaraan harus dipanaskan dengan cara dijalankan. Memanaskan mobil dalam kondisi diam dengan putaran mesin (RPM) langsam tidak akan maksimal mendorong pengisian arus listrik ke aki karena tekanan RPM kurang tinggi.


Kembali ke atas