Kenali Alasan Pentingnya Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 30 April 2020

Kenali Alasan Pentingnya Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan

momobil.id – Kebanyakan pemilik mobil malas mencuci mobil selagi musim hujan. Hal ini dikarenakan mobil akan cepat kotor saat hujan kembali turun. Meskipun demikian, mobil yang tidak dicuci setelah terkena hujan dapat berdampak buruk. Salah satu permasalahan yang dapat muncul adalah timbulnya karat pada bodi mobil. Tentunya hal ini dapat membuat tampilan mobil secara fisik terlihat jelek. Untuk itu penting untuk mencuci mobil agar mobil tetap terawat. Berikut adalah alasan pentingnya mencuci mobil setelah berkendara pada kondisi hujan.

Air Hujan Tercampur Polusi

Saat air hujan turun, polutan akan terbawa bersama dengan air hujan dan menempel pada bodi mobil. Air Hujan dengan kandungan polutan memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Ketika mobil dibiarkan berlama-lama setelah terkena air hujan, maka besar kemungkinan akan muncul karat dan merusak bodi mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil dianjurkan untuk langsung mencuci mobil setelah terkena air hujan.

Cat Lebih Mudah Kusam Jika Tidak Dicuci

Jika mobil dibiarkan lebih lama setelah terkena air hujan, cat mobil akan lebih mudah kusam dan membuat tampilan mobil menjadi tidak menarik. Cat mobil juga dapat mengelupas jika dibiarkan terus menerus. Oleh karena itu, segera cuci dan bilas mobil setelah digunakan ketika hujan.

Menghilangkan Pasir Akibat Terkena Hujan

Berkendara saat hujan tentunya membuat debu dan kotoran menempel pada bodi mobil. Air hujan dan pasir tentunya menempel pada bagian bawah mobil. Jika tidak dibersihkan, pasir yang menempel pada bagian bawah mobil dapat membuat komponen mobil rusak. Usahakan langsung mencuci bagian bawah mobil, dan bodi mobil setelah terkena air hujan.

Baca Juga : Begini Caranya Membersihkan Jok Mobil Berbahan Beludru

Adanya Kadar Garam Pada Air Hujan

Air hujan berasal dari kumpulan air menguap, dan sebagian besar berasal dari air laut. Uap dari air laut ini membawa kandungan garam yang tercampur dalam air hujan. Kandungan garam pada air hujan dapat membuat cat mobil cepat rusak dan dapat menimbulkan karat. Sebelum mengelap air hujan, cuci terlebih dahulu mobil, kemudian keringkan menggunakan kain lap. Mengelap mobil sebelum mencucinya dapat membuat kandungan garam pada air hujan menggores mobil.

Kandungan Oksigen Terlarut Pada Air Hujan Tinggi

Besi yang terkena oksigen dapat bereaksi dan memunculkan karat. Begitupula dengan oksigen yang terkandung pada air hujan. Permukaan mobil memiliki retakan yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Oksigen yang terkandung pada air hujan dapat masuk ke dalam retakkan tersebut. Hal ini memicu adanya karat pada mobil. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan mobil setelah hujan.



Kembali ke atas