Kenali Bahaya Highway Hypnosis dan Cara Mencegahnya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 March 2022

Kenali Bahaya Highway Hypnosis dan Cara Mencegahnya

momobil.id – Kondisi pengemudi tidak selamanya optimal, apalagi ketika sedang bepergian jauh. Pengemudi seringkali dilanda oleh keadaan yang mempengaruhi fisik dan mental. Salah satu hal yang sering dialami oleh pengemudi adalah highway hypnosis. Highway hypnosis sendiri adalah kondisi seseorang kehilangan kesadaran saat mengemudi. Hal ini merupakan salah satu ancaman bagi pengemudi, mengingat bahaya dari highway hypnosis dapat mengancam keselamatan berkendara.

Highway hypnosis disebabkan karena kondisi jalan yang membosankan dan kelelaahan pengemudi. Hal ini membuat pengemudi kehilangan fokus dan kemampuan untuk mengendalikan mobil. Rasa bosan ini muncul akibat terlalu lama berkendara di jalan lurus yang panjang dan berulang. Ketika pengemudi mengalami highway hypnosis, pengemudi akan melajukan mobil dengan pikiran kosong dan tanpa arah. Untuk menghindari bahaya dari highway hypnosis, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kondisi tersebut.

Menetapkan Waktu untuk Beristirahat

Istirahat sejenak merupakan salah satu cara untuk mencegah highway hypnosis. Seseorang yang mengendarai mobil dengan waktu yang cukup lama tentu akan mengalami masalah secara fisik dan psikologis. Akibatnya, pengemudi akan merasa lelah dan tidak fokus. Apabila dilanjutkan, tentu akan membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain. Oleh karena itu, usahakan beri waktu istirahat ketika sudah lelah dan jenuh. Beri jeda waktu 3 jam sekali untuk beristirahat agar tubuh menjadi lebih segar.

Baca Juga: Tips Mengemudikan Mobil Ketika Melewati Turunan Tajam

Putar Lagu Pilihan agar Terhindar dari Highway Hypnosis

Sebelum melakukan perjalanan, siapkan daftar lagu yang penuh semangat dengan genre berbeda. Lagu tersebut kemudian dapat diputar saat dalam perjalanan. Hindari mendengarkan musik berulang karena dapat memunculkan rasa bosan. Hal ini tentu efektif untuk mencegah rasa suntuk saat mengemudi, khususnya saat mengemudi sendiri.

Atur Posisi Duduk dan Senam Ringan

Posisi duduk yang nyaman dan sesuai dengan safety driving dapat mencegah rasa letih. Selain itu, lakukan senam ringan saat mengemudi agar mengurangi kebosanan. Gerakan leher ke kanan dan ke bawah, serta tangan dan badan agar tidak kaku dan tetap rileks. Selain itu, pengemudi juga bisa melepaskan pandangan dengan memantau kondisi kanan kiri serta belakang lewat spion. Hal ini tentu dapat menghilangkan rasa kejenuhan pengemudi.

Hindari Banyak Pikiran agar Terhindar dari Highway Hypnosis

Pada saat berkendara, pengemudi harus menghindari pikiran-pikiran di luar mengemudi. Pikiran tersebut seperti masalah pekerjaan, masalah rumah, atau lainnya. Pengemudi harus fokus saat mengemudi agar terhindar dari kecelakaan. Pikiran yang teralihkan selama 2 detik dalam kecepatan 80 km/jam bisa membuat pengemudi kehilangan kendali sejauh 44 meter. Hal ini tentunya sangat berbahaya, mengingat banyak hambatan di jalan raya.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas