Kenali Bahaya Memanaskan Mesin Mobil Diesel Terlalu Lama

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 May 2022

Kenali Bahaya Memanaskan Mesin Mobil Diesel Terlalu Lama

momobil.id – Memanaskan mesin sebelum berkendara merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh setiap orang. Sebagian orang beranggapan bahwa memanaskan mesin mobil merupakan hal yang penting agar performa tetap optimal. Saat memanaskan mobil, perlakuan mobil diesel dan bensin tentu memiliki perbedaan. Mobil diesel tidak menggunakan busi seperti mobil bensin, melainkan glow plug atau busi pijar. Komponen ini akan mengubah aliran listrik pada baterai menjadi energi panas untuk meningkatkan kompresi tinggi pada ruang bakar. Hal ini tentu mempengaruhi lama waktu memanaskan mesin mobil diesel.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan bahwa memanaskan mobil dengan mesin diesel cukup dilakukan selama lima menit. Pada mobil bermesin diesel, terdapat sensor tambahan pada perangkat mesin. Hal ini membuat mesin akan lebih cepat panas dan menyentuh suhu optimal lebih cepat. Memanaskan mesin sendiri bertujuan untuk melumasi komponen pada mesin mobil.

Baca Juga: Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Dibandingkan Bensin?

“Kendaraan tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Ini karena mesin diesel terbaru sudah memiliki pengaturan secara elektronik yang dapat menyesuaikan dengan kondisi mesin,” ujar Didi Ahadi dilansir dari Kompas.com.

Memanaskan mesin diesel terlalu lama dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Hal ini terjadi karena selama mobil tidak berjalan, mesin mobil membutuhkan bahan bakar agar tetap hidup. Selain itu, memanaskan mesin diesel yang terlalu lama menyebabkan energi panas berlebih. Saat suplai bahan bakar yang dikabutkan dari nozzle menyembur, dapat memicu kebakaran.

Disamping itu, efek gas buang yang dihasilkan saat mesin dinyalakan sangat berbahaya bagi kesehatan. Gas buang mobil mengandung zat karbon dioksida (CO2) yang dpaat mengganggu sistem pernafasan manusia. Oleh karena itu, hindari tempat tertutup saat memanaskan mobil. Panaskan mobil di ruangan yang terbuka.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas