Kenali Cairan yang Dibutuhkan Mobil Sebagai Cara Merawat Mobil

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 24 January 2019

Kenali Cairan yang Dibutuhkan Mobil Sebagai Cara Merawat Mobil

Layaknya manusia yang membutuhkan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, kebutuhan cairan pada mobil juga sangatlah vital. Jika terjadi kekurangan cairan pada mobil Anda, akan berakibat fatal pada kinerjanya. Bukan sekedar oli saja, ada beberapa cairan lain yang dibutuhkan oleh mobil yang perlu untuk Anda ketahui sebagai salah satu upaya dan cara merawat mobil Anda.

Untuk menjaga performa mobil tetap prima, terlebih jika mobil Anda bertransmisi otomatis, Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala terhadap 8 cairan ini. Sebab jika kondisi cairan tersebut sudah dalam kualitas yang tidak layak, maka akan menyebabkan sistem dan komponen mobil menjadi tidak berfungsi atau bahkan rusak. Mau tahu detailnya? Simak penjelasan berikut ini:

  • Oli Mesin

Pastikan kuantitas oli tetap berada di antara batas maksimum dan minimum. Jika warna oli sudah mulai menghitam, segeralah ganti dengan yang baru. Lakukan pengecekan setiap 6 bulan sekali atau setelah 10.000 Km.

  • Air Radiator

Cek volume cairan ini dalam tangki cadangan. Cairan ini berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil agar tidak terjadi overheat. Pengecekan dapat Anda lakukan setiap 100.000 Km sekali.

  • Air Aki

Pastikan cairan pada seluruh sel ada di antara batas atas dan batas bawah. Namun jika Anda menggunakan aki MF (Maintenance Free) Anda tidak perlu  melakukannya. Pengecekan pada cairan ini dilakukan setiap 2 minggu sekali.

  • Minyak Rem

Untuk yang satu ini, pastikan jumlahnya berada di atas batas maksimum. Karena jika jumlahnya sudah berada dibawah garis minimum, ada indikasi terjadinya kebocoran sistem rem. Penggantiannya dilakukan setelah 40.000 Km.

  • Air Wiper

Pastikan bahwa air wiper selalu tersedia di dalam tangkinya, guna menyemprotkannya saat hendak menyalakan wiper. Jika wiper dinyalakan saat kering, permukaannya bisa rusak.

  • Minyak Power Steering

Cairan ini juga harus berada di antara batas maksimum dan minimum. Kurangnya minyak ini akan mengakibatkan kerusakan pada power steering. Selain itu, pastikan juga posisi stir selalu lurus saat mobil diparkirkan.

  • Oli Gardan

Selain kuantitas, kualitas oli gardan juga harus tetap dijaga. Jika terjadi kebocoran atau habis, akan menyebabkan kerusakan serius pada komponen ini.

  • Oli Transmisi Otomatis

Pastikan mobil matic Anda tidak pernah kekurangan oli transmisinya sampai dibawah batas minimum. Jika hal tersebut terjadi, penyaluran tenaga dan kecepatan perputaran mesin akan terganggu.

Performa mobil Anda akan selalu nyaman dan optimal apabila faktor pendukung dan komponennya terjaga. Jangan sampai kendaraan Anda mengalami “dehidrasi”. Mulailah melakukan pengecekan secara berkala terhadap 8 varian cairan tersebut supaya mobil Anda tetap sehat!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 131.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 128.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 141.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 129.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 119.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 155.000.000

Individu

TASIKMALAYA


Kembali ke atas