Kenali Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 January 2023

Kenali Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

momobil.id – Agar performa mobil tetap optimal, komponen mesin harus dilakukan pengecekan secara berkala. Salah satu masalah yang sering muncul pada mesin mobil adalah timbulnya kerak oli. Jika dibiarkan terlalu lama, kerak oli dapat merusak mesin. Oleh karena itu, berikut cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil.

Penyebab Kerak Oli pada Mesin

Agar mesin dapat bekerja dengan baik, dibutuhkan pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin. Oli mesin juga mampu menghindari panas berlebih yang terjadi akibat gesekan antar komponen.

Meskipun demikian, oli pada mesin seringkali menempel pada sela-sela komponen. Oli yang menumpuk akan menimbulkan kerak karbon atau kerak oli. Hal ini biasanya disebut juga sebagai oil sludge atau gumpalan oli.

Selain sisa-sisa oli yang menempel, penumpukan kerak oli bisa terjadi akibat pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini bisa terjadi karena kualitas bahan bakar yang buruk, atau kotoran yang masuk ke dalam ruang mesin dan mengendap.

Dampak dari Adanya Kerak Oli pada Mesin

Adanya kerak oli tentu dapat berdampak buruk terhadap kondisi mesin. Berikut ini merupakan hal yang bisa terjadi akibat penumpukan kerak oli pada mesin mobil.

  • Suara mesin yang berisik akibat kurangnya pelumasan
  • Mesin bisa macet akibat pompa oli yang tersumbat
  • Panas berlebih pada mesin
  • Performa mesin yang berkurang

Baca Juga: Begini 6 Cara Mudah Cek Kondisi Oli Mesin Mobil

Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Berikut ini merupakan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerak oli yang menempel pada mesin mobil.

1. Menyiapkan Peralatan Pembersih Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan saat hendak membersihkan mesin mobil adalah menyiapkan peralatan. Ada beberapa alat yang bisa digunakan, yaitu spons, sikat, selang, air bersih, ember, kuas, lap microfiber, dan lap plas chamois.

Alat tersebut tersebut dapat membantu membersihkan kerak oli, khususnya pada bagian yang sulit untuk dijangkau. Pastikan alat yang digunakan bersih agar mesin kendaraan tidak mendapatkan kotoran yang lebih banyak.

2. Cairan Khusus Pembersih

Sebelum membersihkan kerak oli, ada berbagai cairan pembersih yang bisa digunakan. Berikut ini merupakan beberapa cairan khusus pembersih mesin mobil.

  • Engine Conditioner = cairan pembersih berbentuk foam yang berfungsi untuk membersihkan ruang bakar pada mesin.
  • Engine Flush = cairan pembersih yang berfungsi membersihkan kotoran dalam karter mesin dan jalur oli. Cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan gumpalan oli dan karbon pada ring piston.
  • Engine Degreaser = cairan pembersih berbahan solvent dengan tekstur lebih keras dibandingkan engine conditioner. Engine degreaser mampu melarutkan kerak bekas oli atau kotoran membandel pada mesin.
  • Grease Oil = cairan ini berfungsi untuk membersihkan mesin dari noda oil yang membandel.

3. Memanaskan Mesin Sebelum Dibersihkan

Sebelum membersihkan mesin mobil, pemilik mobil harus memanaskan mobil terlebih dahulu kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan kerak oli yang membandel lebih mudah.

Setelah memanaskan mobil, matikan mesin, kemudian diamkan selama 30-45 menit hingga kondisi dingin. Hal ini untuk mengurangi arus listrik pada mesin mobil yang baru dipanaskan. Kemudian, bersihkan permukaan mesin menggunakan kain lap, sikat, dan kuas.

4. Melepas Aki Sebelum Pembersihan

Tahap selanjutnya adalah dengan melepas aki mobil terlebih dahulu sebelum melakukan pembersihan. Tujuannya untuk memutus aliran listrik pada mobil, sehingga dapat mencegah terjadinya korsleting.

Simpanlah aki dengan baut dan komponen lainnya di tempat kering dan aman. Bagi komponen elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari mesin mobil, bungkuslah komponen tersebut dengan plastik atau aluminium foil.

5. Gunakan Engine Flush dan Engine Conditioner

Bersihkan kerak yang menempel pada mesin dengan menggunakan engine conditioner. Caranya dengan menyemprotkan cairan tersebut ke ruang bakar. Busa yang dihasilkan dari engine conditioner membuat pembersihan kerak oli lebih mudah.

Selain engine conditioner, pemilik mobil juga membutuhkan engine flush. Cairan ini mampu menghilangkan kerak pada jalur oli. Untuk pengaplikasiannya, masukan engine flush pada bagian mesin sebelum mengganti oli atau masih tersisa oli yang lama. Hidupkan mesin kurang lebih 15 menit dengan menginjak gas pada posisi stasioner di angka 2.000 RPM. Buanglah oli pada mobil saat mesin dalam keadaan panas.

6. Menggunakan Engine Degreaser

Ketika mesin sudah dibersihkan menggunakan engine conditioner dan engine flush, pemilik mobil perlu menggunakan engine degreaser. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan ruang mesin secara total.

Untuk cara mengaplikasikannya, semprotkan cairan engine degreaser pada bagian mesin, kemudian sikat dengan air sabun sampai bersih. Setelah itu, siram dengan air dan keringkan mesin menggunakan kain microfiber.

7. Pasangkan Aki dan Nyalakan Mesin

Setelah mesin dalam keadaan kering dan bersih, pasanglah kembali aki mobil dengan benar. Kemudian, nyalakan mesin mobil untuk menghangatkan bagian mesin yang lembab dan mengeringkan mesin dari sisa-sisa air.

8. Lakukan Perawatan Secara Berkala

Tidak hanya melakukan pembersihan pada mesin, mobil juga perlu dilakukan perawatan secara berkala. Meskipun mesin sudah dalam keadaan bersih dari kerak oli, tidak menutup kemungkinan sisa-sisa oli akan membentuk kerak pada bagian mesin. Oleh karena itu, lakukan servis dan pengecekan pada bagian mesin secara berkala agar kondisi mesin tetap awet.

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas