Kenali Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil dengan Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 September 2022

Kenali Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil dengan Benar

momobil.id – Setiap mobil tentu dilengkapi dengan speaker. Namun, tidak sedikit orang memodifikasi speaker bawaan pabrikan dengan penambahan komponen lain. Salah satu yang sering dilakukan oleh modifikator adalah penambahan speaker aktif. Dengan speaker aktif, suara yang dihasilkan tentu lebih bagus. Sebelum membeli speaker jenis ini, ketahui terlebih dahulu komponen dan cara pasang speaker aktif di dalam mobil.

Speaker aktif merupakan sebuah perangkat audio yang mampu berfungsi secara mandiri berkat komponen pendukung. Jenis speaker ini memiliki amplifier yang mampu beroperasi dengan menggunakan bantuan aliran listrik. Berikut adalah komponen serat cara pemasangan dari speaker aktif mobil.

Komponen pada Speaker Aktif

Untuk bekerja secara optimal, speaker aktif dilengkapi dengan berbagai komponen di dalamnya. Berikut ini merupakan komponen yang bekerja dalam speaker aktif.

1. Pre-Amp

Salah satu komponen yang cukup penting pada speaker aktif adalah pre-amp. Komponen ini berfungsi untuk menyeleksi sumber audio yang berasal dari mikrofon, DVD player, dan lainnya, kemudian dilanjutkan menuju bagian lain pada speaker aktif. Pre-amp juga berfungsi untuk mengatur volume speaker.

2. Power Amplifier

Komponen yang berfungsi untuk menguakan sinyal suara yang dibawa oleh tone control adalah power amplifier. Sinyal suara yang masuk kemudian akan dijadikan dalam bentuk satuan Watt. Semakin kecil nilai distorsi amplifier maka semakin kecil pula distorsi dari audio.

3. Loudspeaker

Salah satu komponen paling penting pada speaker aktif adalah loudspeaker. Komponen ini berfungsi untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara. Pada bagian loudspeaker terdapat beberapa bagian yaitu kertas membran, magnet, rangka logam, hingga kumparan.

Loudspeaker dibedakan berdasarkan beberapa jenis, antara lain tweeter untuk frekuensi tinggi, woofer untuk frekuensi rendah, serta midrange untuk frekuensi menengah. Pada loudspeaker, penyusunan tweeter terdapat pada bagian atas, kemudian disurun oleh midrange bagian tengah dan woofer pada bagian bawah.

4. Tone Control

Bagian dari speaker aktif yang berfungsi untuk mengatur karakteristik frekuensi sinyal radio adalah tone control. Tone control mampu menghasilkan bass atau nada rendah dan trebble atau nada tinggi. Nada yang dihasilkan oleh tone control kemudian akan diumpankan menuju power amplifier. Dengan adanya tome control, pemilik mobil mampu mengatur kekuatan dari bass dan treble.

5. Catu Daya

Komponen catu daya pada speaker aktif berfungsi untuk menghidupkan berbagai komponen speaker seperti trafo, penyearah, dan kapasitor.

Trafo pada speaker aktif berfungsi sebagai pengubah tegangan AC PLN menjadi tegangan DC oleh kapasitor. Kapasitor pada komponen speaker aktif memiliki fungsi untuk memperhalus tegangan agar tidak ada distorsi suara.

Baca Juga: Jenis dan Cara Memilih Subwoofer yang Tepat untuk Mobil

Cara Pasang Speaker Aktif dengan Benar di Mobil

Agar mendapatkan sistem suara terbaik dalam kabin mobil, tentu speaker aktif harus dipasang dengan benar. Berikut ini merupakan cara yang perlu dilakukan untuk memasang speaker aktif dalam mobil.

1. Siapkan dan Pahami Komponen serta Peralatan yang Diperlukan

Sebelum melakukan pemasangan speaker aktif, pemilik mobil harus mengenal terlebih dahulu komponen dan peralatan yang akan digunakan.

Persiapkan komponen dan perangkat seperti power amplifier, subwoofer, tang potong, obeng kembang, kunci bintang, selotip hitam, pengupas kabel, pembuka listrik, serta kunci sock T.

Untuk bagian head unit, pemilik mobil bisa menggunakan head unit bawaan pabrik, atau menggantinya dengan head unit baru.

2. Memastikan Jarak Kabel Subwoofer Amplifier Pendek

Untuk mempermudah proses pemasangan. pastikan bahwa jarak kabel subwoofer amplifier memiliki ukuran yang pendek. Hal ini berlaku untuk pemasangan speaker pada mobil pick up atau mobil pribadi.

Amplifier yang digunakan akan mengambil daya yang cukup besar dari aki. Oleh karena itu, pemasangan dari komponen ini disarankan pada bagian chasis mobil. Lalu, hubungkan kabel remote dengan head unit, serta kabel dengan aki mobil.

3. Sambungkan Head Unit dengan Amplifier

Siapkan terlebih dahulu head unit dengan mengikuti panduan pemasangan bodi kabel dengan bodi head unit. Ketika sudah selesai, masukkan output audio pada head unit ke power amlifier audio. Masukkan power amplifier pada bagian pintu speaker dan subwoofer ketika proses ini sudah selesai.

Agar suara yang dihasilkan lebih berkualitas, lakukan setting pada bagian power amplifier. Setting bagian dual rear speaker dan front speaker. Untuk bagian front speaker, aturlah menggunakan HPF atau High Pass Filter.

4. Setting Bagian Rear Speaker

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengatur bagian rear speaker. Aturlah dengan menggunakan LPF atau Low Pass Filter. Kemudian, hubungkan dengan outpit rear speaker menggunakan speaker out woofer berukuran 12 inci.

5. Menyelaraskan Bagian Head Unit dengan Amplifier

Agar proses penggunaan perangkat audio lebih mudah, pemilik mobil perlu melakukan penyelarasan power amplifier dengan head unit menggunakan remote. Pastikan kabel power amplifier terhubug dengan power control dalam head unit. Jika sudah terhubung, maka head unit dan power amplifier mampu bekerja secara berdampingan. Ketika head unit dalam keadaan mati, maka power amplifier juga menyesuaikan.

6. Pemasangan Sekring

Bagian terakhir dari pemasangan speaker aktif adalah memasang sekring dari aki mobil. Jarak antara kabel sekring dengan aki harus sekitar 30 cm dan tidak boleh terlalu dekat.

Pemasangan yang terlalu dekat dapat mengganggu kinerja dari speaker aktif akibat panas dari mesin. Selain itu, ikat dengan kunci sok T ketika pemasangan sudah rapih agar lebih aman.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas