Kenali Cara yang Tepat Menghidupkan Mesin Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 May 2020

Kenali Cara yang Tepat Menghidupkan Mesin Mobil

momobil.id – Untuk menjaga mesin mobil bekerja secara optimal, pemilik mobil tidak hanya melakukan service mobil secara berkala saja. Keawetan dari mesin mobil juga ditentukan dari cara mengemudi dan menghidupkan mesin mobil dengan benar. Untuk menghidupkan mesin mobil, pengemudi hanya memutar kondisi kunci pada posisi on. Ketika kondisi kunci pada posisi on, indikator pada bagian speedometer mobil akan menyala selama beberapa detik, kemudian akan kembali normal. Salah satu kebiasaan buruk dari pengemudi mobil adalah langsung menghidupkan mobil tanpa memperhatikan indikator pada posisi normal. Hal ini tentu saja berdampak buruk terhdapa keawetan mesin mobil.

Menanggap hal ini, Anjar Rosadi selaku Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa menghidupkan mesin tanpa memperhatikan indikator dapat berpengaruh terhadap kerja motor starter. Selain itu, ketika pengemudi langsung menyalakan mobil saat lampu indikator belum kembali normal, sistem injeksi dan elektrik starter akan bekerja berbarengan. Hal ini tentunya akan berdampak pada usia aki. Apabila dilakukan secara terus menerus, maka aki akan menjadi soak karena aki harus bekerja lebih.

“Menyalakan mobil sebelum lampu indikator kembali ke normal sebenarnya bisa membuat kerja motor starter akan lebih berat saat dihidupkan, karena biasanya suplai bahan bakar belum naik,” ujar Anjar dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga : 4 Kesalahan Penggunaan Lampu Hazard Mobil di Jalan

Selain kebiasaan tersebut, kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan oleh pengemudi adalah tidak mematikan AC dan audio ketika hendak mematikan mobil. Apabila kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, maka akan merusak mesin mobil secara perlahan. Jika AC dan audio tidak dimatikan, kerja mesin akan lebih berat, dimana harus menyalahkan audio dan AC lagi. Pengemudi disarankan untuk mematikan AC dan audio mobil sebelum mematikan mesin mobil. Selain dapat memperpanjang umur mesin, mesin mobil juga akan lebih stabil ketika dinyalakan. Hal ini karena mesin mobil tidak perlu terbebankan oleh audio dan AC ketika dinyalakan. Meskipun kebiasaan ini tergolong sepele, namun kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus akan berdampak buruk terhadap komponen mobil. Oleh karena itu, perhatikan indikator mesin sebelum menyalakan mobil dan mematikan AC dan audio sebelum mobil dimatikan. Hal ini dapat menjaga kualitas dari mesin mobil tersebut.



Kembali ke atas