Kenali Ciri-ciri Alternator Bermasalah Supaya Mobil Tidak Mogok

Ditulis oleh : admin

25 Jun 2019

Momobil.id - Aki tak melulu menjadi sumber masalah kelistrikan pada mobil. Sumber masalah kelistrikan pada mobil bisa saja terjadi pada alternator atau yang juga dikenal sebagai dinamo ampere. Alternator memiliki fungsi vital karena berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik.

Alternator bertugas mengalirkan arus listrik untuk beberapa komponen mobil yang membutuhkan tenaga listrik seperti lampu, kaca jendela, sistem audio, wiper, dan sebagainya. Cara kerja alternator yakni dengan mengubah tenaga kinetis menjadi tenaga listrik. Jika kondisi alternator bermasalah, aki mobil hanya akan mampu bertahan sebentar saja karena tak dapat mengalirkan listrik dengan baik. Akibatnya, mobil sulit distarter, mesin tak menyala, dan berujung mogok.

Pemilik mobil bisa melihat beberapa gejala jika alternator mulai bermasalah. Seperti lampu mobil yang terlihat redup saat mobil dalam keadaan diam dan baru kembali terang saat RPM tinggi. "Pada mobil lama, alternator rusak bisa diketahui dari lampu indikator aki menyala. Tapi sekarang dengan adanya ECU, bisa saja lampu indikator mesin yang menyala," jelas Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi.

Baca Juga: Apa penyebab tuas kap mesin menjadi macet?

Lantas, apa saja yang menyebabkan alternator menjadi rusak? Didi menuturkan aksesori kelistrikan aftermarket yang dipasang di mobil bisa mempengarui kinerja alternator. Jika terlalu banyak aksesori yang dipasang, pengisian aki oleh alternator akan mengalami gangguan dan aki akan cepat melemah. Penambahan aksesori kelistrikan yang berlebihan akan membuat beban kerja alternator semakin berat yang dampaknya mobil jadi sulit dihidupkan.

"Saat memasang aksesori kelistrikan, pikirkan dulu apakah alternatornya sanggup mengisi kapasitas aki. Aki yang kapasitasnya besar, bisa saja alternatornya juga jadi bekerja keras. Sehingga umur alternator menjadi lebih pendek," tuturnya. Adapun alternator pada mobil kekinian sudah built-in dan tak lagi bermodel cut out. Untuk perawatannya, pemilik mobil dianjurkan untuk memperhatikan pemakaian kelistrikan.

Sumber gambar: Car Treatments

  • Main Banner (Carrousel)

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More