Segera Service Mobil Jika Sudah Menunjukkan Gejala Seperti Ini

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 3 September 2020

Segera Service Mobil Jika Sudah Menunjukkan Gejala Seperti Ini

momobil.id – Guna mengembalikan performa mesin mobil agar tetap maksimal, pemilik mobil harus rajin melakukan tune up pada mobilnya. Biasanya, tune up rutin dilakukan sesuai dengan jadwal service yang telah diatur oleh bengkel mobil.

Bagi yang tak teratur melakukan service mobil, ada beberapa ciri yang menandakan bahwa mobil sudah perlu mendapat tune up. Berikut beberapa ciri-ciri mobil perlu segera dibawa ke bengkel untuk service.

Suara mesin terdengar kasar

Jika Anda mendapati suara mesin mobil Anda begitu kasar saat baru dinyalakan, maka ini merupakan tanda bahwa mobil Anda butuh untuk di-service. Jangan sampai Anda menunda-nunda untuk membawanya ke bengkel jika Anda tidak ingin terjadi kerusakan lebih lanjut pada mesin mobil Anda.

Mobil sulit dinyalakan

Jika starter mobil Anda terasa lemah dan mobil sulit dinyalakan, masalahnya mungkin bisa pada bagian kelistrikan. Namun agar lebih jelas apakah juga ada masalah pada mesin mobil, sebaiknya segera bawa ke bengkel agar diperiksa secara menyeluruh.

Mobil terasa bergetar

Jika hal ini terjadi, maka segera lakukan tune up mobil untuk mencegah keadaan menjadi memburuk.

Performa gas terasa melambat

Pernahkah Anda merasakan performa gas mobil melambat? Jika iya, maka Anda pasti juga merasakan tarikan mesin Anda menjadi lambat dan mobil menjadi sulit untuk dipacu. Jika sudah demikian, maka Anda harus segera melakukan tune up ke bengkel terdekat.

Baca juga: Perbedaan Teknologi Force Limiter dan Pretensioner Pada Sabuk Pengaman

Adapun pemilik mobil sebaiknya melakukan service kendaraan setelah menempuh perjalanan sejauh 5.000 km. Selain untuk mengembalikan fungsi semua mesin, tune up juga menjaga mobil Anda tetap awet dan berumur panjang. Idealnya, tune up dilakukan selama 3 bulan sekali atau saat service rutin.(Nur Septi)



Kembali ke atas