Kenali Efek Menyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering

Ditulis oleh : admin | 16 February 2022

Kenali Efek Menyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering

momobil.id – Komponen penting pada mobil yang mampu menjaga visibilitas pengemudi adalah wiper. Wiper biasanya digunakan ketika hujan untuk menyapu air pada kaca depan, sehingga pandangan pengemudi terhadap situasi luar tetap jelas. Namun, ketika kaca kotor, bolehkah menyalakan wiper ketika kaca dalam keadaan kering?

Mengingat fungsi wiper sangat vital, pengemudi wajib merawat komponen tersebut agar bekerja dengan optimal saat digunakan. Contoh perawatan yang paling sederhana adalah menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak perangkat pembersih tersebut. Menurut Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), tidak ada perawatan khusus bagi komponen wiper. Namun, yang patut diingat oleh pemilik mobil adalah penggunaan wiper hanya digunakan dalam kondisi wiper atau kaca mobil basah.

Baca Juga: Tergores Kawat Wiper hingga Temperatur Tinggi, Ini Penyebab Umum Kaca Mobil Bisa Retak atau Pecah

Menyalakan wiper dalam kondisi kaca kering dapat merusak kedua komponen tersebut. Ketika wiper menyapu permukaan kaca, kotoran dan debu yang menempel akan menggesek permukaan kaca mobil. Apabila perilaku ini sering dilakukan, karet pada wiper akan mudah rusak. Ketika kondisi dari karet wiper sudah rusak dan tidak layak digunakan, frame pada bilah wiper dapat mengenai permukaan kaca. Hal ini tentunya sangat berdampak buruk terhadap kaca mobil. Goresan pada kaca yang cukup dalam tidak bisa diperbaharui, sehingga pemilik mobil perlu mengganti kaca yang baru. Hal ini tentunya membutuhkan dana yang lebih untuk memperbaiki kaca mobil yang rusak akibat kebiasaan buruk dalam penggunaan wiper.

“Jangan difungsikan tanpa menggunakan air, karena kotoran pada kaca dapat merusak karetnya. Kalau karetnya sudah rusak bisa saja frame atau bladenya juga akan menggores kacanya, sehingga menyebabkan baret” ujar Didi dilansir dari Kompas.com.

Namun beda halnya ketika keadaan wiper masih baru. Agar kelenturan karet wiper bisa lebih optimal, biasanya wiper akan dinyalakan dalam kondisi kering. Gesekan karet wiper dengan permukaan kaca dapat memanaskan karet wiper. Namun perlu diingat bahwa sebelum menghidupkan wiper dalam kondisi kering, kondisi kaca mobil harus dalam keadaan bersih agar tidak menyeret debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kaca.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas