Kenali Empat Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Matik

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 14 April 2020

Kenali Empat Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Matik

momobil.id – Mobil bertransmisi matik memang lebih banyak digemari bagi sebagian kalangan masyarakat. Mobil ini lebih nyaman dan mudah dikendarai dibanding mobil manual, apalagi saat menerjang kemacetan. Meskipun demikian, layaknya mobil manual, mobil matik juga mengalami beberapa masalah yang dapat mengganggu pengemudi. Jika masalah tersebut terus diabaikan, maka dapat berdampak pada usia transmisi. Berikut adalah masalah yang sering terjadi pada mobil matik.

Mobil Tersendat

Ketika mobil matik tersendat, maka mobil akan sulit berjalan. Mobil tersendat ditandai dengan suara hentakan yang terjadi saat melakukan perpindahan gigi. Hal ini dapat terjadi karena ada komponen yang rusak pada transmisi mobil matik. Jika terjadi hal seperti ini, segera cek kondisi mobil dan bawa ke bengkel agar segera ditangani.

Mesin Mobil Slip

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil matik adalah mesin mobil mengalami slip. Mesin mobil slip ini terjadi saat gigi pada ransmisi sudah berpindah, namun mobil terasa hilang tenaga dan suara mesin meraung. Cara lain untuk mengecek mesin mobil slip atau tidak adalah dengan menjalankan mobil dari transmisi D. Pengemudi perlu menambah akselerasi tanpa memindahkan tuas transmisi. Ketika suara mesin meraung, maka mesin mobil mengalami slip.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil yang Tidak Digunakan Selama Karantina Diri

Tuas Transmisi Sulit Dipindah

Tuas transmisi memiliki peranan penting pada mobil matik. Salah satu masalah pada tuas transmisi adalah ketika tuas sulit dipindah atau tidak bisa digerakkan. Meskipun knob pembuka kunci sudah dibuka, tuas transmisi tidak bisa digerakkan, sehingga mobil tidak dapat berjalan. Hal ini bisa terjadi karena adanya kendala pada sisi switch transmisi.

Gigi Tidak Berpindah Secara Otomatis

Gejala lain pada mobil matik adalah gigi yang tidak dapat berpindah secara otomatis. Walaupun tuas sudah digerakkan, gigi tidak bisa berpindah. Hal ini dapat diketahui ketika pengemudi sudah menginjak gas, namun suara mesin mobil meraung. Masalah ini dapat terjadi karena kabel pada gearbox mengelupas atau putus. Ketika kabel gearbox rusak, lengan pada gearbox tidak ikut bergerak sehingga gigi tidak berpindah.



Kembali ke atas