Kenali Fungsi High Mount Stop Lamp pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 5 December 2022

Kenali Fungsi High Mount Stop Lamp pada Mobil

momobil.id – Salah satu komponen penting keselamatan berkendara adalah lampu rem. Komponen ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan lain yang berada di belakang. Lampu rem terletak pada bagian samping kanan dan kiri. Pada bagian tengah atas terdapat lampu yang menyala ketika mobil berhenti yang dinamai high mount stop lamp. Lantas, apa fungsi dari high mount stop lamp pada mobil?

Mengenal High Mount Stop Lamp

High mount stop lamp disebut sebagai third brake lamp atau lampu rem ketiga. Pada beberapa model mobil, lampu rem tidak hanya ditempatkan di sisi kanan dan kiri. Lampu rem ketiga biasanya disematkan pada bagian atas tengah pintu bagasi.

High mount stop lamp biasanya menyatu dengan spoiler atap mobil. Meskipun terlihat sepele, high mount stop lamp merupakan fitur yang sangat membantu keselamatan berkendara.

Baca Juga: Mengapa Lampu Rem Warnanya Merah? Ternyata Ini Alasannya

Fungsi Utama

Tidak hanya sebagai aksesoris, high mount stop lamp memiliki fungsi yang cukup penting, terlebih saat berkendara. Lampu yang kerap disebut sebagai lampu rem ketiga ini memiliki fungsi untuk menjaga keselamatan berkendara. Fitur tersebut merupakan sebuah alat komunikasi dengan pengendara lain. High mount stop lamp akan menyala dan merespon pengereman. Sehingga, pengendara lain akan hati-hati dan mengurangi terjadinya tabrakan pada bagian belakang.

Posisi high mount stop lamp yang berada di bagian atas tidak hanya sebagai pemanis. Lampu rem ketiga yang berada di atas dimaksudkan agar pengendara belakang bisa melihat lampu dari jauh, terutama kendaraan dengan bodi lebih tinggi. Dengan demikian pengendara belakang sudah mendapatkan informasi dari pengendara depannya, sehingga mampu menginjak rem lebih awal. Hal ini dapat menekan terjadinya kecelakaan atau tabrakan dari belakang.

Penggunaan warna merah pada high mount stop lamp juga ada maksudnya. Warna merah mampu membangkitkan sifat waspada dan sudah menjadi aturan baku yang diwajibkan di seluruh negara belahan dunia. Selain itu, warna merah mudah untuk dilihat dari jarak jauh.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas