Kenali Fungsi Sensor Parkir pada Mobil dan Cara Perawatannya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 May 2020

Kenali Fungsi Sensor Parkir pada Mobil dan Cara Perawatannya

momobil.id – Salah satu fitur keselamatan pada mobil adalah sensor parkir. Sensor parkir juga dikenal dengan sensor mundur. Fitur ini sudah disematkan pada sebagian besar mobil yang berkeliaran di jalanan saat ini. Meskipun agak sepele, pemilik mobil juga harus memperhatikan keberadaan sensor ini. Berikut adalah fungsi dan cara perawatan sensor parkir pada mobil.

Fungsi Sensor Parkir Mobil

Fungsi dari sensor parkir sendiri adalah mencegah benturan terhadap objek yang berada di sekeliling mobil. Sensor parkir memberi tanda kepada berupa suara yang nantinya akan semakin mengeras bila mobil mendekati objek di sekelilingnya. Sebelum menyentuh objek, sensor parkir tentunya mengeluarkan suara. Pada normalnya, sensor akan mulai berbunyi pada jarak 1,5 meter dan akan megeluarkan bunyi dengan cepat. Jarak terdekat objek adalah 0,5 meter. Apabila jarak mobil dengan objek sejauh 0,5 meter atau kurang, maka sensor akan mengeluarkan bunyi tanpa terputus. Selain itu, sensor parkir juga dapat membantu pengemudi yang belum mahir memarkir mobil, terutama ketika harus memarkir di tempat yang terbatas. Dalam penggunaan sensor ini, perlu diingat bahwa pengemudi harus waspada dan meletakkan kakinya pada pedal rem.

Baca Juga : Kenali Penggunaan Lampu Sein Sesuai Aturan dan Etika

Cara Perawatan Sensor Parkir

Sensor parkir beserta kamera parkir merupakan komponen mobil yang rentan rusak. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memastikan bahwa komponen ini dapat bekerja maksimal. Komponen – komponen ini harus dirawat agar dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Untuk merawat fitur ini tidaklah sulit, pemilik mobil hanya perlu membersihkan sensor parkir dan kameranya dari debu dan kotoran. Kotoran atau debu yang menutupi komponen sensor dapat mengganggu kinerja dari sensor, oleh karena itu perlu untuk dibersihkan.

Sensor mobil memang tahan terhadap air, namun perlu diperhatikan bahwa untuk membersihkan sensor ini tidak disarankan memakai semprotan air bertekanan tinggi. Selain itu, pastikan bahwa sensor tidak mengalami benturan yang keras karena akan berakibat pada kerusakan sensor.


Kembali ke atas