Tiga Penyebab Umum AC Mobil Tidak Berfungsi, Kenali Gejalanya Sebelum Kejadian

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 February 2024

Tiga Penyebab Umum AC Mobil Tidak Berfungsi, Kenali Gejalanya Sebelum Kejadian

momobil.id – Bila AC mobil mati atau tidak berfungsi, hal ini akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara. Apalagi jika mobil diisi banyak penumpang.

Penyebab AC mobil mati cukup bervariasi. Namun sebelum AC tidak berfungsi, pemilik mobil sebenarnya sudah bisa merasakan gejalanya. Ciri pertama, udara yang dihembuskan tidak dingin atau malah cenderung hangat.

Ini merupakan gejala yang sangat jelas bahwa AC mobil sedang bermasalah karena tak mampu menyemburkan udara dingin ke dalam kabin. Ciri kedua, muncul suara aneh seperti gemeretak atau berdesir. Ini menandakan ada kerusakan pada komponen internal AC.

Dan ciri ketiga, muncul embun berlebih disertai bau yang tidak sedap saat AC dinyalakan. Ini menandakan ada masalah dengan pengaturan kelembaban AC. Lalu, apa yang menjadi penyebab AC mobil menjadi bermasalah?

Baca juga: Situasi Seperti Ini Bisa Memicu Timbulnya Benjolan Pada Ban Mobil, Cegah Sebelum Kejadian

Secara umum, penyebab AC mobil bermasalah bisa dikategorikan dalam tiga kategori utama. Berikut penjelasan selengkapnya.

Masalah listrik

Salah satu penyebab utama kerusakan AC adalah masalah listrik, seperti kabel yang putus atau fusible link yang terputus. Keadaan ini dapat menghambat aliran daya yang diperlukan untuk menjalankan komponen AC.

Kebocoran refrigen

Kebocoran refrigeran dapat menyebabkan penurunan tekanan dalam sistem, mengakibatkan AC tidak dapat menghasilkan udara dingin dengan efektif. Kebocoran dapat terjadi pada berbagai titik dalam jalur refrigeran.

Kerusakan komponen internal

Komponen internal seperti kompresor, kondensor, atau evaporator yang rusak dapat menyebabkan AC tidak berfungsi. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh pemakaian yang berlebihan, keausan, atau faktor-faktor lain yang mempengaruhi performa komponen.

Adapun dalam rangka mencegah AC mobil rusak, pemilik kendaraan bisa melakukan beberapa tindakan. Misalnya, rutin membersihkan atau mengganti filter udara guna mencegah penumpukan kotoran dan debu yang dapat menghambat kinerja AC.

Kemudian, lakukan service AC secara berkala oleh teknisi yang berpengalaman dapat membantu mendeteksi masalah sebelum menjadi serius. Teknisi dapat membersihkan komponen, memeriksa tekanan refrigeran, dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 100.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas