Kenali Jenis Bahan Jok Mobil Beserta Tips Memilihnya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 January 2024

Kenali Jenis Bahan Jok Mobil Beserta Tips Memilihnya

momobil.id – Ada banyak cara membuat tampilan mobil menjadi lebih mewah dan menarik. Salah satunya adalah dengan mengganti jok mobil. Jok mobil sendiri memiliki banyak jenis dan bahan. Berikut ini merupakan beberapa jenis bahan pada jok mobil.

Jenis Bahan Jok Mobil dan Cara Perawatannya

Berikut ini merupakan beberapa jenis material pada jok mobil yang biasanya digunakan di pasaran.

1. Kulit / Premium Leather

Jok dengan bahan dasar leather atau kulit biasanya menggunakan kulit yang diambil dari sapi atau domba. Material kulit memiliki aroma dan tekstur yang khusus serta berkualitas.

Memiliki harga yang cukup mahal, bahan kulit membuat tampilan mobil menjadi lebih elegan dan mewah. Selain itu, bahan kulit juga lembut dan nyaman ketika disentuh. Ketika terpasang pada jok, kulit asli mudah mengikuti bentuk jok mobil karena fleksibel.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, interior dari bahan kulit asli rentan terhadap warna pudar dan retak, terlebih ketika terkena sinar matahari langsung.

Untuk perawatan jok berbahan dasar kulit cukup mudah, pemilik mobil bisa menggunakan pelembap atau conditioner yang mengandung lanolin waxy cream. Hal ini dilakukan agar kualitas dari kulit jok tetap terjaga. Selain itu, hindari memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat jok kulit kering dan retak-retak.

2. Bahan Fabric

Salah satu material yang umum digunakan sebagai bahan jok adalah fabric. Jenis ini merupakan kombinasi dari bahan kanvas, kain, dan katun. Pada umumnya, jok mobil menggunakan bahan fabric sintetis dengan campuran busa dan cotton agar mudah disentuh dan tahan lama.

Jok dengan bahan fabric biasanya digunakan karena harga yang terjangkau. Selain itu, material ini juga memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrim dan paparan sinar matahari langsung. Meskipun demikian, bahan fabric tergolong sulit untuk dibersihkan karena mudah menyerap cairan dan kotoran.

Untuk membersihkan jok dengan bahan dasar fabric, pemilik mobil perlu menggunakan air sabun dan sikat halus. Gunakan air sabun dan sikat secara hati-hati agar tekstur fabric lebih awet.

3. Bahan Suede

Material dengan bahan suede merupakan bahan jok yang paling premium. Suede mampu memberikan penampilan yang berkelas dan personal, serta nyaman karena teksturnya yang lembut dan halus. Material ini biasanya digunakan pada mobil balap atau mobil sport untuk mencegah silau, dan memiliki bobot yang ringan ketimbang kulit.

Meskipun tergolong mewah, jok dengan bahan suede tergolong sulit dalam hal perawatan. Material suede membutuhkan penanganan khusus karena karakternya yang mudah rusak jika terkena cairan dan kotoran. Untuk membersihkan bahan ini, pemilik mobil disarankan untuk menggunakan sikat khusus yang lembut dan vacuum agar tidak merusak lapisan suede.

4. Kulit Sintetis

Sebagian mobil menggunakan bahan kulit sintetis pada jok mobil. Material ini sering digunakan lantaran memiliki fleksibilitas dan tampilan yang serupa kulit asli dengan harga yang lebih terjangkau. Kulit sintetis terbuat dari bahan dasar kain yang diolah dengan polyurethane atau lilin dan perwarna untuk menghasilkan tekstur dan warna seperti kulit asli.

Kulit sintetis merupakan bahan yang tidak mudah menyerap cairan, oleh karena itu perawatannya pun cukup mudah. Pemilik mobil cukup membersihkannya dengan menggunakan air sabun dan lap agar bersih.

Meskipun memiliki keunggulan, kulit sintetis juga memiliki kelemahan. Bahan ini bisa menjadi lengket apabila sirkulasi udara di dalam mobil tidak baik. Kulit sintetis memiliki masa pakai yang pendek, serta kualitasnya mudah menurun akibat sering terkena paparan sinar matahari dan suhu tinggi.

Baca Juga: Modifikasi Jok Mobil, Pilih Pasang Sarung atau Retrim?

Tips Memilih Material Jok Mobil

Sebelum memilih material jok mobil, ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu tips di bawah ini.

1. Perhatikan Pemilihan Warna dan Pertimbangkan Sisi Estetika

Pilihlah warna jok sesuai dengan keinginan. Pilihlah warna yang kalem seperti abu, coklat, hitam, dan beige. Penggunaan warna terang atau cerah berpotensi mobil sulit untuk dijual kembali. Selain itu, pertimbangkan pula sisi estetika ketika membeli jok agar lebih nyaman untuk digunakan.

2. Daya Tahan Material

Mengingat jok mobil dipakai sehari-hari, pemilik mobil perlu memperhatikan daya tahan materialnya. Pastikan bahan yang dipilih tahan terhadap noda, kerusakan, atau aus.

3. Pertimbangkan Kenyamanan

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih bahan jok mobil adalah kenyamanan. Pastikan memilih bahan yang nyaman saat duduk di jok mobil. Pilihlah bahan kulit atau suede yang dianggap lebih nyaman ketika diduduki.

4. Pilihlah Bahan yang Mudah Dibersihkan dan Dirawat

Sebelum memilih bahan untuk jok mobil, pilihlah bahan yang mudah dirawat dan dibersihkan. Sejumlah bahan seperti kulit dan suede membutuhkan perawatan khusus agar tampilannya tetap awet.

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas