Kenali Kegunaan Fitur Traction Control pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 June 2020

Kenali Kegunaan Fitur Traction Control pada Mobil

momobil.id – Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak produsen otomotif memberikan segerombolan fitur modern pada produknya. Salah satu bagian yang selalu dikembangkan selain fitur kenyamanan adalah fitur keselamatan. Fitur keselamatan tentu saja sangat penting untuk menjaga keselamatan penumpang agar tetap aman selama berkendara. Salah satu fitur keselamatan pada mobil yang sedang tren adalah fitur traction control. Fitur ini banyak tersedia di kendaraan terbaru yang mementingkan keamanan dalam berkendara. Namun, sebagian orang masih belum mengerti apa sebenarnya fitur ini, dan bagaimana fitur ini bisa menjamin keamanan berkendara. Oleh karena itu, berikut adalah kegunaan dari traction control.

Membantu Pengemudi Saat Mobil Berbelok

Saat mobil berbelok, pengemudi harus mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi. Hal ini tentunya menyulitkan bagi pengemudi, apalagi pengemudi yang baru bisa menyetir. Fitur yang dapat membantu pengemudi untuk berbelok ini adalah fitur traction control. Traction control akan otomatis mengerem roda-roda dan menyesuaikan tenaga pada mesin, sehingga mobil dapat berbelok dengan aman. Pengereman oleh traction control ini tidak dilakukan secara sembarangan. Sensor traction control akan mengatur seberapa kuat rem pada setiap roda. Hal ini untuk menghindari mobil tergelincir akibat roda yang berhenti.

Fitur traction control akan menyala secara otomatis ketika mobil berbelok. Sistem ini akan mengontrol pengereman secara perlahan, sehingga mobil dapat berbelok dengan mulus dan lebih aman. Fitur ini juga akan otomatis menyala ketika akan keluar tikungan.

Baca Juga : 7 Benda yang Wajib Ada Dalam Mobil Saat Masa New Normal

Membuat Mobil Lebih Stabil Saat Menikung

Selain membantu mobil berbelok, tractio control juga dapat meminimalisir potensi mobil tergelincir. Fitur ini sangat berguna untuk mencegah ban mengalami selip atau tergelincir pada saat mobil berbelok, terutama pada kondisi jalanan basah. Fitur ini bekerja secara otomatis, sehingga pengemudi tidak perlu melakukan apapun saat fitur ini dijalankan. Pengemudi hanya perlu memencet tombol traction control yang berada di dekat roda kemudi untuk menjalankan sistem ini. Dengan adanya traction control, mobil akan mendeteksi daya cengkram pada setiap roda, dan melakukan pengereman pada roda.


Kembali ke atas