Kenali Kondisi Kesehatan Mobil Melalui Warna Asap Knalpot

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

07 Aug 2019

momobil.id - Banyak tanda-tanda yang dapat dilihat dengan mudah untuk menentukan kondisi kesehatan mobil, salah satunya warna asap yang di produksi knalpot mobil. Biasanya, mobil yang sehat tidak mengeluarkan asap berwarna pekat, baik putih pekat maupun hitam atau abu-abu pekat.

Ditemui oleh Detik, Suwito dari Sekawan Motor Jl. Tole Iskandar, Depok, mengatakan jika knalpot mengeluarkan asap berwarna putih tipis pada pagi hari saat mobil baru dinyalakan merupakan hal yang wajar.

“kalau yang keluar putih tipis, itu normal karena ada kondensasi uap. Tapi kalau asapnya putih pekat, ini yang bermasalah,” jelas Wito.

Wito menambahkan, asap berwarna pekat dan tebal yang terus-menerus diproduksi oleh knalpot merupakan tanda adanya masalah dalam mesin. Kebocoran oli merupakan salah satu penyebabnya, karena oli yang bocor ke ruang pembakaran menyebabkan perubahan warna asap knalpot.

Baca Juga: Penyebab radiator bermasalah hingga mengakibatkan mesin ngebul

Untuk menanggulangi masalah ini, Wito mengatakan bahwa satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah membongkar mesin. Pemilik mobil tentunya akan mengeluarkan biaya lebih untuk ini. Namun, tidak hanya alasan umur, salah satu penyebab masalah ini adalah pemilik mobil yang kurang teliti melakukan perawatan, seperti ganti oli.

“Ring piston bisa cepat aus karena telat ganti oli. Oli yang kotor akan menghambat pergerakan sehingga menyebabkan mesin rusak. Banyak mobil baru sudah jebol karena masalah ini” papar Wito.

Sumber gambar: your mechanic

  • Tips & Trik (Display)
  • knalpot mobil
  • kesehatan mobil
  • asap knalpot mobil
  • asap putih mobil
  • asap hitam mobil

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

TANGERANG SELATAN

2016
Otomatis

115 juta

TANGERANG SELATAN

2012
Manual

118 juta

TANGERANG SELATAN

2014
Otomatis

160 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More