Kenali Manfaat Isi Bensin Kendaraan Hingga Full Tank

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 May 2023

Kenali Manfaat Isi Bensin Kendaraan Hingga Full Tank

momobil.id – Ada dua kebiasaan orang saat mengisi bahan bakar untuk kendaraan, yakni selalu mengisi bensin hingga penuh dan seadanya tidak sampai penuh. Padahal, isi bensin hingga full tank memiliki sejumlah manfaat yang berkaitan dengan performa mesin kendaraan. Lantas, apa saja manfaatnya?

Manfaat Isi Bensin Hingga Full Tank

Mengisi bensin hingga penuh ternyata memiliki pengaruh yang baik terhadap kondisi mesin. Dilansir dari laman MyPertamina, berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Menghindari Tangki Bensin Berembun

Salah satu alasan mengisi tangki bensin hingga penuh adalah mencegah embun pada tangki bensin. Tangki yang dibiarkan kosong terlalu lama akan diisi oleh udara. Jika dibiarkan terlalu lama, akan terjadi proses kondensasi. Udara akan berubah menjadi embun dan menghasilkan kandungan air.

Air yang menetes dari tangki bensin akan tercampur dengan bahan bakar. Akibatnya, kualitas bahan bakar yang tercampur dengan air menjadi buruk. Hal ini dapat berpengaruh terhadap performa dari mesin kendaraan.

2. Mencegah Munculnya Karat pada Tangki

Adanya air pada tangki bahan bakar dapat memicu timbulnya karat. Jika karat tercampu dengan bahan bakar dan dibiarkan terlalu lama, maka serpihan karat dapat menyumbat karburator mobil. Serpihan karat juga bisa menyumbat sistem injeksi mobil.

Penyumbatan yang terjadi akibat karat tentu dapat membuat aliran bahan bakar ke mesin pembakaran terhambat. Akibatnya, mesin mobil bisa tersendat, bahkan kondisi terparahnya tidak bisa dihidupkan.

3. Menghindari Penurunan Performa

Adanya air dan karat pada tangki bensin tentunya dapat membuat performa mesin menjadi menurun. Apabila dibiarkan, mesin kendaraan akan tersendat dan menimbulkan suara yang berisik. Lebih parahnya, mesin tidak bisa dihidupkan. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk mengisi tangki bahan bakar mobil hingga penuh.

4. Mobil Mampu Menempuh Jarak Lebih Jauh

Selain beberapa manfaat di atas, mengisi tangki bensin hingga penuh membuat mobil mampu menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan tangki bensin yang diisi sebagian. Pengemudi tidak perlu sering mengisi bensin, sehingga dapat menghemat waktu dan uang.

Baca Juga: Isi Bensin di SPBU Mesti Matiin Mesin Mobil, Mau Tau Apa Sebabnya?

Hindari Mengisi Bensin Hingga Luber

Mengisi bahan bakar hingga penuh memang disarankan, namun tetap sesuai dengan anjuran. Hindari mengisi bahan bakar hingga luber, karena dapat menimbulkan bahaya.

1. Memicu Kebakaran

Bensin merupakan cairan yang mudah terbakar. Apabila bensin tumpah berdekatan dengan sumber api, maka api bisa menjalar ke dalam tangki bensin. Oleh karena itu, hindari mengisi BBM hingga luber ke permukaan tangki.

2. Risiko Bensin Tumpah atau Menguap

Posisi normal pengisian bahan bakar adalah posisi jalan datar. Ketika melewati jalan menanjak atau bergelombang, tangki bensin yang terlalu penuh dapat menumpahkan bensin. Bensin dapat menguap atau rembes. Jika rembesan bensin luber mengenai ban, maka komponen ban akan mengalami kerusakan. Uap yang dihasilkan dari bensin juga tidak baik bagi kesehatan.

mobil terkait

Rp 199.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 254.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 117.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 185.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 197.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 133.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN


Kembali ke atas