Kenali Material Velg dan Cara Pembuatannya agar Tidak Salah Pilih

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

07 Oct 2019

momobil.id - Velg merupakan komponen yang paling sering menjadi sasaran modifikasi pemilik mobil. Memodifikasi bagian ini memang tak ada salahnya, namun ada baiknya pemilik mobil mengetahui jenis-jenis velg mobil sebagai pertimbangan awal sebelum memilih velg berdasarkan modelnya. Mengetahui jenis velg merupakan hal mendasar yang perlu diketahui guna menentukan velg terbaik untuk mobil kesayangan.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui material velg tersebut. Untuk apa menggunakan velg keren namun materialnya ternyata tak sesuai dengan kebutuhan mobil itu sendiri. Selain material, teknik pembuatan velg juga sebaiknya diketahui oleh calon pembeli untuk memastikan apakah velg yang diinginkan sesuai dengan spesifikasi mobil. Lebih jelasnya, berikut penjabaran selengkapnya sebelum menentukan velg terbaik untuk mobil.

Material

Baja (steel)

Velg baja, atau yang biasa disebut velg kaleng merupakan salah satu velg yang marak dijual dan banyak digunakan. Tidak dibuat murni dengan baja, velg ini terbuat dari perpaduan material besi (alloy) dan karbon. Untuk mobilitas sehari-hari, velg jenis ini sudah cukup kuat, mampu menahan hantaman beban 10 ton. Namun, jenis ini kurang fleksibel untuk modifikasi karena sulit dibentuk-bentuk.

Alumunium

Selain baja, velg alumunium juga menjadi salah satu yang banyak ditemui di pasaran. Velg jenis ini kian populer karena memiliki kesan yang lebih modern dan sporty dibanding baja. Materialnya menggunakan perpaduan alumunium, magnesium, dan nikel yang diketahui ringan bobotnya dibandingkan baja, tetapi juga lebih kuat lantaran sanggup menanggung hantaman beban hingga 23 ton. Selain itu, velg alumunium juga lebih fleksibel untuk dimodifikasi desainnya. Dengan segala keunggulannya, velg ini memang dihargai lebih mahal dari baja.

Magnesium

Meski tidak sepopuler velg baja dan alumunium, velg magnesium memiliki bobot yang lebih ringan dan jauh lebih tahan banting. Hal ini dapat dibuktikan dari penampilan mobil-mobil Formula yang walaupun berkali-kali terhantam, tetapi velgnya tidak juga penyok. Yup, velg ini memang menjadi rahasia dibalik kuatnya mobil balap Formula. Namun, tetap ada kelemahannya yaitu lebih mudah berkarat. Maka dari itu, velg ini tidak dijual di pasaran dan hanya digunakan sebatas keperluan balapan.

Carbon

Dari segi materialnya, carbon memang termasuk material yang ekslusif digunakan untuk kendaraan. Velg bermaterial carbon juga termasuk jenis velg tertinggi diantara tiga velg lainnya karena dikenal bebannya lebih ringan dan lebih kuat. Dari sisi penampilan, velg berbahan karbon juga lebih legam dan elegan. Maka tidak heran jika velg jenis ini banyak digunakan pabrikan supercar. Karena memiliki material yang bisa dibilang premium, velg carbon membutuhkan waktu produksi lebih lama.

Teknik Pembuatan

Material velg memang menentukan kualitas dan kekuatan velg tersebut. Tetapi teknik pembuatan rupanya juga mempengaruhi kedua hal tersebut, termasuk harga jual velg. Berikut ulasan selengkapnya mengenai teknik pembuatan velg.

Casting

Pada teknik ini, material velg dipanaskan dan dituang ke dalam cetakan velg. Dilanjutkan proses finishing dengan meratakan permukaan yang masih kasar dan diaplikasikan cat. Pembuatan velg dengan teknik ini tidak memakan waktu banyak, bobot yang dihasilkan cukup berat, serta kualitas dan desain kurang fleksibel.

Flow forming

Teknik flow forming hampir mirip dengan teknik membuat guci dari tanah liat. Material diputar menggunakan mesin, dipanaskan, dan dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Maka dari itu, hasilnya bisa lebih variatif. Selain itu, dengan teknik ini, velg yang dihasilkan bisa lebih kuat.

Forging

Pada teknik forging, material akan mengalami proses pressing dengan tekanan ekstrem dan dilanjutkan dengan teknik flow forming, diputar dan dibentuk sambil dipanaskan. Velg yang diproduksi menggunakan teknik ini merupakan velg kualitas tinggi karena kualitas yang dihasilkan bagus, padat, dan lebih kuat.

Sumber gambar: parcelhero

  • Editor's Choice
  • velg mobil
  • velg
  • jenis velg mobil
  • model velg

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

114 juta

2,505,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

225 juta

3,039,000 jutaan/bln

JAKARTA PUSAT

2019
Manual

196 juta

3,023,000 jutaan/bln

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More