Kenali Medan yang Wajib Ditaklukan Bagi Pengemudi Mobil Manual

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 14 June 2020

Kenali Medan yang Wajib Ditaklukan Bagi Pengemudi Mobil Manual

momobil.id – Bagi pengemudi pemula, mengemudi mobil bertransmisi manual merupakan sebuah tantangan. Pengemudi harus membagi konsentrasi mengoper gigi dan memperhatikan jalan. Salah satu tantangan yang harus dikuasai bagi pengemudi mobil manual adalah belajar stop dan go di medan yang menanjak. Apabila pengemudi sudah mahir mengendarai mobil manual di jalan menanjak, maka pengemudi sudah baik dalam memainkan kopling, rem, dan pedal gas.

Belajar stop dan go pada medan yang menanjak sangat penting untuk dilakukan oleh pengemudi mobil manual pemula. Sebelum memulai belajar stop dan go pada medan menanjak, pengemudi disarankan untuk menguasai teknik stop dan go di jalan yang datar. Hal ini dilakukan karena teknik stop dan go yang dilakukan pada jalan mendatar hampir sama dengan jalan menanjak. Lakukan hal ini sampai benar – benar menguasai tekniknya.

Aspek yang Diperhatikan Saat “Stop and Go” di Tanjakan

Ada empat aspek yang harus diperhatikan oleh pengemudi pemula mobil manual. empat aspek itu antara lain adalah pedal gas, rem kaki, kopling, dan rem tangan. Saat ingin melakukan akselerasi, hal yang pertama dilakukan oleh pengemudi adalah mengaktifkan posisi rem tangan. Pastikan rem tangan berada dalam posisi aktif. Kemudian, injak pedal kopling dengan kaki kiri, lalu pedal rem pada kaki kanan. Masukkan tuas transmisi pada posisi gigi 1, lalu angkat pedal kopling, pedal rem, dan turunkan rem tangan secara perlahan dan bersamaan.

Baca Juga : Kenali Penyebab Kebocoran pada Klep Mesin Mobil

Saat melepas rem tangan, pastikan melepasnya dengan perlahan. Jika dilepas terlalu cepat dan terlalu lambat, maka mobil bisa mundur atau mesin mobil bisa mati. Perhatikan ban mobil, apabila dirasa sudah bergerak, maka injak pedal gas secara perlahan. Untuk melakukan hal ini, pengemudi harus memperhatikan kondisi kemiringan jalan, dan kondisi gas atau kopling mobil.

Bagi pengemudi pemula mobil manual yang ingin belajar stop dan go, durasi belajar di jalan menanjak secara ideal memiliki 30 hingga 40% dari total waktu belajar mobil. Oleh karena itu, belajar stop dan go di jalan menanjak harus dilakukan secara rutin. Hal ini agar pengemudi pemula bisa melakukannya dengan lancar tanpa gugup.


Kembali ke atas