Kenali Musuh Utama Bodi Mobil Agar Mobil Tetap Mulus

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 May 2020

Kenali Musuh Utama Bodi Mobil Agar Mobil Tetap Mulus

momobil.id – Setiap orang pasti ingin memiliki mobil dengan bodi yang mulus. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan bagi setiap pemilik mobil. Namun, untuk menjaga mobil agar tetap mulus tergolong sulit. Oleh karena itu, pemilik mobil harus mengenal musuh utama pada bodi mobil dahulu. Berikut ini adalah beberapa hal yang merupakan musuh utama bagi bodi mobil.

Getah Pohon dan Kotoran Hewan

Kotoran hewan dan getah pohon seringkali dianggap sepele oleh pemilik mobil. Meskipun demikian, kotoran dan getah dapat merusak bodi mobil. Kotoran hewan dan getah pohon memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan berdampak buruk bagi bodi mobil. Apabila tidak dibersihkan dalam waktu cepat, maka akan membuat cat mobil menjadi retak.

Karat

Seiring berjalannya waktu, mobil akan berkarat jika tidak dirawat dengan baik. Karat biasanya terjadi karena proses oksidasi antara logam dengan oksigen. Proses ini dapat dipercepat ketika molekul air hadir. Sebenarnya, mobil sudah dilapisi lapisan anti karat, namun kelembaban, air hujan, lumpur, dan baret dapat menyebabkan lapisan ini terkelupas.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mobil Penyok Ringan Tanpa ke Bengkel

Penyok

Salah satu masalah yang ering ditemukan pada bodi mobil adalah penyok. Penyok disebabkan karena benturan dengan benda lain. Untuk memperbaiki bodi yang penyok, cara yang paling tradisional adalah dengan proses pendempulan dan pengecatan. Bagian bodi mobil yang penyok didempul terlebih dahulu, kemudian dihaluskan dan dicat ulang. Salah satu teknik perbaikan bodi yang penyok tanpa melakukan pendempulan dan pengecatan adalah teknik paintless dent removal (PDR). Teknik ini menggunakan alat khusus, namun memiliki kelemahan karena tidak bisa memperbaiki penyok di bagian sudut runcing dan dekat dengan pilar mobil.

Jamur

Bercak – bercak yang terdapat dalam cat mobil dinamakan jamur. Jamur pada mobil ditimbulkan akibat tertinggalnya residu minyak pada mobil. Jamur pada mobil biasanya disebabkan karena tetesan air yang mengering tidak sempurna. Tetesan air ini bisa berasal dari tetesan hujan yang mengering sendiri, pengeringan mobil yang kurang sempurna pada saat mobil dicucui, atau pencucian mobil ditengah terik sinar matahari. Untuk menghindari jamur, pemilik mobil harus mengeringkan mobil secara sempurna tanpa meninggalkan bercak air.



Kembali ke atas