Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada Central Lock Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 May 2020

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada Central Lock Mobil

momobil.id – Teknologi yang semakin berkembang membuat produsen mobil berinovasi dan mengembangkan produknya. Salah satu fokus pengembangan dari teknologi adalah pada sektor keamanan keamanan. Mobil jaman sekarang memiliki teknologi yang disebut dengan central lock door. Sistem ini memudahkan pengemudi untuk mengunci pintu mobil secara bersamaan. Sistem central lock door juga dapat dioperasikan melalui remote control, sehingga mobil dapat dikunci atau dibuka dari jarak jauh. Meskipun demikian, sistem central lock dapat mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan pengecekan secara berkala dan dirawat. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk memahami penyebab dan cara mengatasi sistem central lock mobil rusak.

Penyebab Central Lock Rusak

Central lock merupakan teknologi yang canggih, namun bila tidak diperhatikan bisa rusak dan bermasalah. Komponen central lock biasanya mudah berkarat pada bagian pinggir pintu dan melekat pada bodi mobil. Masalah lain yang muncul adalah dinamo atau pistol penembak besi melemah, dimana komponen ini cepat rusak akibat pukulan yang kuat untuk menggerakkan kunci. Motor penggerak central lock juga berpotensi untuk aus.

Sistem central lock juga cepat seret apabila pemilik menutup pintu mobil dengan keras. Benturan yang cukup keras dapat mengakibatkan gigi penggerak berubah posisi dan membuat batang penggerak menjadi bengkok. Batang penggerak yang bengkok membuat sistem central lock tidak lancar. Selain itu, sistem central lock yang tidak lancar juga terjadi apabila jarang dilumasi dan dibersihkan.

Baca Juga : Tak Kalah dengan Mobil Baru, Harga Mobil Lawas Ini Masih Tetap Tinggi

Cara Mengatasinya

Guna mencegah kerusakan pada central lock mobil, pemilik mobil harus membersihkan sela-sela pintu dan melakukan pengecekan berkala selama 6 bulan sekali. Untuk membersihkan sistem central lock, hindari penggunaan air karena dapat memicu korsleting. Kabel-kabel dan kelistrikan pada central lock juga perlu dicek agar central lock dapat berjalan dengan mulus dan benar.

Untuk mengatasi komponen berkarat, pemilik mobil harus mengoleskan pelumas anti karat secara berkala 3 bulan sekali. Komponen yang biasanya sering muncul karat adalah bagian pinggir pintu dan bagian yang melekat pada bodi mobil.



Kembali ke atas