Kerap Mengantuk Ketika Mengemudi, Pahami Penyebabnya

Ditulis oleh : redaksi | 11 February 2020

Kerap Mengantuk Ketika Mengemudi, Pahami Penyebabnya

momobil.id – Supaya terhindar dari kecelakaan selama berkendara jarak jauh, butuh dukungan sejumlah faktor, mulai dari kondisi mobil yang sehat hingga kebugaraan pengemudi itu sendiri. Sayangnya, beberapa pengendara justru kerap mengabaikan kondisi fisik mereka. Padahal kondisi fisik yang tidak bugar dapat menimbulkan rasa kantuk dan hal tersebut bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu-lintas.

Salah satu penyebab kecelakaan lalu-lintas adalah karena disebabkan human error (kesalahan manusia) seperti rasa kantuk ketika mengemudi. Entah karena kelelahan ataupun mengantuk, kedua faktor tersebut masih menjadi penyebab kecelakaan lalu-lintas. Lalu, apa saja kondisi yang bisa menyebabkan human error ketika mengemudi? Berikut penjelasannya.

Kondisi tubuh tidak sehat

Larangan mengemudi saat tubuh tidak sehat bukanlah hal yang dapat diabaikan begitu saja. Bagaimana tidak, saat tubuh tidak sehat berbagai kemungkinan bisa saja terjadi pada pengemudi, mulai dari pusing hingga pingsan secara tiba-tiba. Tak hanya itu, kondisi tubuh akan semakin memburuk jika pengemudi berada di bawah pengaruh obat.

Pengaruh obat bisa memberikan efek kantuk yang luar biasa. Maka dari itu apabila sedang tidak sehat atau setelah minum obat yang menimbulkan efek kantuk, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu.

Pengaruh minuman keras

Selanjutnya, penyebab lain yang bisa menyebabkan rasa kantuk adalah pengaruh minuman keras. Pengaruh minuman keras pada tubuh setiap orang berbeda-beda. Pada umumnya minuman keras dapat menyebabkan seseorang hilang kesadaran secara tiba-tiba. Karena itu, sebaiknya pengemudi tidak menyetir apabila sedang di bawah pengaruh minuman keras.

Gangguan tidur

Penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan rasa kantuk saat berkendara jarak jauh adalah gangguan tidur. Saat seseorang memiliki ritme tidur yang tidak teratur, hal itu bisa bisa menyebabkan gangguan tidur. Hal itulah yang bisa menyebabkan pengemudi mudah kelelahan dan mengantuk saat menyetir.

Jalanan panjang dan lurus

Selain penyebab dari tubuh, ada penyebab dari luar yang dapat mempengaruhi. Salah satunya saat mengemudi di jalanan yang panjang dan lurus. Jalanan di daerah perkotaan tentu akan berbeda dengan jalanan di daerah terpencil maupun jalan tol yang lurus dan sepi.

Jalanan yang panjang dan lurus membuat pengendara mengalami rasa bosan dan mengantuk. Pada saat seperti inilah sebaiknya pengemudi memiliki teman seperjalanan yang dapat menemani mengobrol agar tidak mengantuk.

Baca Juga: Brand Baru Mobil dan Motor akan Berpartisipasi di IIMS 2020

Penyebab kantuk di atas tentunya harus dipahami oleh setiap pengendara, tak terkecuali Anda yang terkadang mengemudi bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Jangan lupa kenakanlah fitur keselamatan yang ada dalam mobil seperti seat belt. Semoga berguna bagi Anda.(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas