Kenali Penyebab Kebocoran pada Klep Mesin Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 June 2020

Kenali Penyebab Kebocoran pada Klep Mesin Mobil

momobil.id – Perawatan pada mesin mobil perlu dilakukan secara berkala agar mesin dapat bekerja secara optimal. Salah satu komponen mesin mobil yang tidak kalah penting untuk dirawat adalah klep mesin. Klep mesin terletak pada bagian atas mesin dan bekerja naik turun secara bergantian untuk menyalurkan campuran bensin dan udara ke ruang bakar dan membuang gas pembakaran ke lubang knalpot. Ketika klep mesin bocor, maka hal ini dapat berpengaruh buruk pada mesin mobil. Salah satu nya adalah mesin mobil akan lebih boros bahan bakar minyak (BBM). Tenaga mesin menurun dan pengemudi harus menginjak gas lebih. Ketika klep mesin bocor, maka salah satu caranya adalah harus diperbaiki sesegera mungkin agar mesin mobil kembali bekerja dengan optimal. Namun, pemilik mobil masih banyak yang belum paham apa penyebab kebocoran pada klep mesin mobil.

Menurut Sugiyanto, selaku pemilik bengkel Auto Clinic Harapan Indah Bekasi, Klep mesin pada mobil wajar apabila mengalami kebocoran. Ada dua hal utama penyebab kebocoran pada klep mesin mobil, yaitu karena umur klep mesin dan kerak karbon dalam ruang bakar.

“Sebenarnya, klep mesin bocor itu ada 2 penyebab utama yakni karena umur dan kerak karbon di ruang bakar,” ujar Sugiyanto, dilansir dari Gridoto.com

Baca Juga : Kemudi Terasa Berat, Gejala Awal Power Steering Mulai Bermasalah

Faktor Umur Klep Mesin

Klep mesin yang bocor karena umur merupakan salah satu hal yang lumrah. Penggunaan klep mesin lama kelamaan menyebabkan klep dan dudukannya tidak rata, sehingga menimbulkan celah. Walaupun celah ini terlihat sedikit, pemilik mobil harus segera meratakannya. Pemilik mobil dapat melakukan cara skir klep untuk meratakan celah antar klep dan dudukannya sehingga kembali normal.

Kerak Karbon yang Menempel

Penyebab lain yang menyebabkan klep bocor adalah kerak karbon yang menempel pada payung klep. Kerak karbon yang menempel pada payung klep akan mengganjal, sehingga akan muncul celah pada klep mobil. Hal ini dapat mengakibatkan kebocoran pada klep. Munculnya kerak karbon ini disebabkan karena kerusakan pada mesin atau penggunaan bahan bakar yang tidak berkualitas. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan pengecekan klep dan skir klep untuk memperbaiki masalah kebocoran.

Sumber gambar: otomotifnet.gridoto.com



Kembali ke atas