Kenali Penyebab Kerusakan Power Window pada Mobil

Ditulis oleh : redaksi | 21 February 2020

momobil.id – Saat ini hampir semua mobil terbaru sudah dilengkapi fitur power window. Fitur ini cukup penting ketika ingin membuka dan menutup jendela. Penggunannya pun mudah, cukup tekan tombol maka jendela mobil akan naik atau turun sesuai keinginan. Namun sama seperti komponen lainnya, terkadang power window ini juga mengalami masalah mulai dari macet hingga tak berfungsi sama sekali.

Jika power window macet mungkin masih bisa ditoleransi karena setidaknya jendela mobil masih bisa dibuka tutup. Yang menjadi masalah ketika jendela tidak bergerak meski sudah menekan tombol berkali-kali. Hal ini tentu akan menggangu aktivitas berkendara pengguna.

Masalah power window sendiri sebenarnya tidak umum dan dapat terjadi tanpa adanya gejala tertentu. Biasanya power window yang bermasalah paling sering terjadi pada jendela pengemudi. Alasannya adalah karena yang paling sering digunakan, seperti ketika membayar tol. Meski demikian, setiap jendela di dalam mobil juga bisa saja mengalami hal yang sama.

Baca Juga: Deretan Koleksi Mobil Freddie Mercury, Ada Apa Saja?

Lalu apa yang menyebabkan power window pada mobil mengalami kerusakan? Berikut beberapa faktor berbeda yang menjadi penyebabnya:

  1. Motor jendela terlalu panas. Hal ini disebabkan penggunaan yang terus menerus dan memerlukan perbaikan yang agak sulit, karena harus membuka panel pintu untuk memeriksa kondisi motor dan kabelnya.
  2. Regulator jendela pecah. Penyebab ini akan menghasilkan suara keras saat pengguna mencoba membuka atau menutup jendela.
  3. Kerusakan pada tombol power. Akibatnya, suplai tenaga tidak sampai ke motor sehingga jendela tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Meski terlihat sepele, namun penanganan kerusakan pada power window ini harus ditangani oleh bengkel spesialis. Karena sistem kelistrikan pada mobil sangat sulit untuk ditangani, termasuk untuk power window. Jadi pastikan membawa mobil ke ahli power window agar cepat mendiagnosis kerusakan sehingga dapat diperbaiki dengan cepat dan efektif.(Malika)

Sumber gambar: Shutterstock

berita terkait lainnya

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas