Kenali Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 May 2020

momobil.id – Tanda sederhana di bagian lampu indikator ini bisa membuat pemilik mobil tidak tenang. Pasalnya, jika lampu indikator check engine menyala, menandakan ada yang tidak beres di bagian mesin.

Kabar baiknya, penyebab indikator check engine menyala tak melulu masalah berat pada mesin. Ada beberapa penyebab yang membuat lampu indikator check engine menyala. Penyebab paling ringan adalah tak menutup lubang tangki bahan bakar dengan benar.

Jika tangki bahan bakar tak menutup sempurna, tekanan yang ada dalam tangki secara perlahan akan terbuang percuma. Hal tersebut ditangkap mobil sebagai kelainan pada sistem emisi gas buang sehingga menyebabkan indikator check engine menyala. Selain karena tak menutup lubang tangki dengan benar, berikut beberapa penyebab lampu indikator check engine menyala.

Baca juga: Jangan Direndam Bensin, Begini Cara Membersihkan Busi

Sensor tidak berfungsi

Mobil memiliki beberapa sensor di dalamnya seperti air flow meter, intake air temperature, sensor oksigen, sensor MAF, sensor injektor, sensor CKP, dan sebagainya. Jika ada salah satu atau beberapa sensor ini bermasalah, maka akan menyebabkan lampu check engine menyala. Jika menemukan masalah ini, maka sebaiknya segera diperbaiki. Karea jika dibiarkan, tentu akan menggangu kinerja mobil.

Bahan bakar tidak sesuai

Pada mobil injeksi, biasanya membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan di atas 92. Jika diisi dengan bahan bakar beroktan di bawah itu, dengan BBM oktan 88 misalnya, maka akan timbul masalah karena tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Penggunaan BBM yang tidak sesuai juga bisa merusak sistem sensor jika dipakai terus menerus.

Busi dan kabel

Bagian ini juga bisa menyebabkan lampu indikator mesin menyala. Agar aktivitas menggunakan mobil tak terganggu, ganti busi mobil sesuai anjuran yang ada di buku manual.

Catalytic converter

Komponen ini berfungsi untuk mengubah karbon monoksida dan senyawa lain menjadi senyawa yang aman bagi lingkungan. Jika komponen ini tak berfungsi, maka gas buang akan menjadi tidak stabil dan membuat tarikan mobil menjadi berat.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas