Kenali Perbedaan BMW Tipe xDrive dan sDrive

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 April 2020

Kenali Perbedaan BMW Tipe xDrive dan sDrive

momobil.id – BMW merupakan salah satu produsen mobil terkenal asal Jerman. Perusahaan yang dibangun pada tahun 1916 dengan nama Bayerische Motoren Werke AG ini sudah merilis berbagai tipe mobil mulai dari sedan hingga sport car. Bagi yang familiar dengan mobil BMW, pasti sering mendengar istilah xDrive dan sDrive dalam beberapa produk BMW. Lalu, apa arti kata tersebut? Berikut ulasannya mengenai istilah xDrive dan sDrive dalam lini produk BMW.

xDrive

BMW xDrive merupakan penamaan yang diterapkan pada BMW dengan sistem penggerak empat roda (All Wheel Drive / AWD). Pada tekologi xDrive, Tenaga yang disalurkan pada roda belakang sebesar 40%, sedangkan 60% tenaga disalurkan pada roda depan saat berkendara secara normal. Pendistribusian tenaga dari mesin disalurkan pada keempat roda yang diatur secara elektronik melalui central differential lock sesuai dengan kebutuhan traksi mobil. Dengan adanya teknologi xDrive, mobil akan lebih aman untuk dikendarai pada berbagai medan, khususnya saat hujan lebat atau jalan yang berlumpur.

Hampir setiap model yang diproduksi BMW saat ini menggunakan teknologi xDrive. Ada dua model yang tidak menggunakan teknologi ini, diantaranya mobil sport seri Z4 dan mobil elektrik seri i3.

Baca Juga : Tips Modifikasi Mobil Ceper Tapi Tetap Nyaman

sDrive

BMW sDrive merupakan penamaan bagi mobil BMW dengan sistem penggerak dua roda (2-Wheel Drive). Penamaan ini digunakan pada mobil BMW dengan penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive / RWD) maupun penggerak roda depan (Front Wheel Drive / FWD). Mobil dengan penamaan sDrive ini sudah digunakan pada sebagian besar pada jajaran mobil BMW terdahulu, meskipun sekarang masih digunakan pada beberapa mobil BMW.

Penggunaan sDrive ini tersedia mulai dari model sedan premium seri 3, hingga model sedan mewah seri 7 dan seri 8. Tipe sDrive juga dipakai dalam BMW seri X1 dan X2 bermesin bensin. Untuk mobil sport car, penggunaan sistem roda belakang tergolong tradisional. Meski demikian, BMW Z4 merupakan salah satu sport car BMW yang menggunakan teknologi ini.


Kembali ke atas